Santri Surabaya Balik Ponpes, PCNU Siapkan 1.000 Tes Antigen

ANTIGEN GRATIS: Muhibbin Zuhri, fasilitasi swab antigen gratis bagi santri yang balik ke Ponpes. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ANTIGEN GRATIS: Muhibbin Zuhri, fasilitasi swab antigen gratis bagi santri yang balik ke Ponpes. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya, memfasilitasi swab antigen gratis bagi santri asal Kota Pahlawan yang akan balik ke pondok pesantren (Ponpes) masing-masing.

“Sementara waktu kita sediakan untuk 1.000 orang, mana yang dulu dengan mendaftar ke tim Satgas Covid-19 PCNU surabaya,” kata Ketua PCNU Surabaya, KH Muhibbin Zuhri, Selasa (18/5/2021).

Pendaftaran, terang kiai yang akrab disapa Gus Ibin tersebut, dilakukan secara online lewat Google Form untuk memberikan datanya kapan santri tersebut kembali.

Setelah mendapatkan notifikasi, kemudian dijadwalkan tes di kantor PCNU Surabaya di Jalan Bubutan VI/2. “Karena masing-masing pondok kan jadwalnya berbeda-beda, ada yang mulai 23 Juni, ada yang 27 Juni,” kata Gus Ibin.

“Selain itu surat hasil tes antigen berlakunya terbatas. Tentu saja mereka harus dijadwalkan mepet, dua atau sehari menjelang keberangkatannya kembali ke pondok,” tandasnya.

Langkah PCNU Surabaya tersebut, lanjut Gus Ibin, untuk membantu para santri supaya kegiatan belajarnya kembali normal dan tidak sampai terjadi penyebaran Covid-19 di Ponpes karena mereka pulang dari berbagai daerah.

Gus Ibin juga berharap langkah PCNU Surabaya ini diikuti daerah lain, sehingga Ponpes benar-benar clear, tidak muncul klaster, selamat semuanya, dan kiai tidak sampai terpapar dari santrinya.

“Mudah-mudahan Covid-19 ini bisa segera teratasi. Pandeminya bisa segera selesai, sehingga semuanya bisa berjalan normal kembali,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait PCNU Surabaya