Sambut Industri 4.0, Khofifah: Jatim Punya 2 Modal Besar

BABAK REVOLUSI INDUSTRI 4.0: Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Jatim punya dua modal besar untuk masuk ke babak revolusi industri 4.0. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Jatim punya dua modal besar untuk masuk ke babak revolusi industri 4.0. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

MALANG, Barometerjatim.com – Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa bertekad membawa provinsi yang akan dipimpinnya masuk ke babak revolusi industri 4.0.

Karena itu, penguasaan teknologi digital menjadi kunci utama sebagai penentu daya saing serta peningkatan produktivitas di era tersebut.

“Dan Jatim punya dua modal besar, yaitu pasar dan sumber daya manusia yang produktif,” katanya saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru (Maba) Universitas Islam Malang (Unisma), Senin (3/9).

• Baca: Khofifah: Asian Games Sukses Angkat Martabat Indonesia

Khofifah bahkan berencana mengundang Chairman Hyperloop Transportation Technologies (HTT), salah satu perusahaan pengembang hyperloop asal AS, Elon Musk untuk memompa dan membakar semangat generasi milenial Jatim agar berperan aktif dalam revolusi industri 4.0.

Sekadar tahu, Musk dikenal sebagai salah satu pendiri PayPal, sistem pembayaran online terbesar yang sekarang aktif digunakan di berbagai negara.

Musk juga CEO Tesla Motors, sebuah perusahaan otomotif yang khusus mengembangkan mobil-sport elektrik (mobil sport dengan tenaga baterai) yang berkecepatan dan bertorsi tinggi.

• Baca: Khofifah Berharap dari Jatim Lahir Pelaku Startup Dunia

Selain itu, Musk merupakan penggagas penerbangan luar angkasa komersial melalui SpaceX, perusahaan pembuat roket dan wahana antariksa.

“Ini penting karena persaingan antarnegara tidak dapat dibendung lagi. Berbagai inovasi, kreativitas dan penguasaan teknologi harus terukur,” tandasnya.

Terlebih, Khofifah sudah mendapatkan penjelasan detail dari CEO Hyperlop Transtech, Bibop Gresta terkait teknologi hyperloop serta turunan teknologi pertanian perdesaan.