Salam Satu Jari! Kiai Muzakki Istiqomah Dukung Khofifah-Emil

AL QODIRI SATU JARI : Kiai Muzakki Syah (tengah) dan Ra Fadil (kiri) salam satu jari tanda mendukung penuh Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
AL QODIRI SATU JARI: Kiai Muzakki Syah (tengah) dan Ra Fadil (kiri) salam satu jari tanda mendukung penuh Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

JEMBER, Barometerjatim.com – Kiai karismatik pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Qodiri Jember, KH Muzakki Syah dan putranya, Lora Fadil Muzakki Syah (Ra Fadil) istiqomah mendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Sikap istiqomah itu ditunjukkan keduanya saat menyambut Emil Dardak yang mengisi libur kampanye dengan bersilaturahim, sekaligus mengikuti doa dan dzikir manaqib di Ponpes dengan puluhan ribu santri tersebut.

Begitu datang, Emil yang didampingi Nyai Hj Mutammimah Hasyim Muzadi (sesepuh Muslimat NU) langsung disambut hangat Ra Fadil. Bahkan wakil ketua Yayasan Al Qodiri itu langsung mengkode “Salam Satu Jari”.

• Baca: Ratusan Ribu Jamaah Manaqib Doakan Khofifah Gubernur

“Ini, kenalin Pak Emil Dardak, insyaallah wakil gubernur Jawa Timur. Ayo kalau foto langsung satu jari,” kata Ra Fadil mengenalkan suami Arumi Bachsin itu kepada seluruh jamaah manaqib, Jumat (11/5) dinihari.

Emil kemudian mengikuti doa dan dzikir manaqib bersama ratusan ribu jamaah yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air, bahkan luar negeri tersebut. Layaknya anak sendiri, Emil mendapatkan tempat duduk khusus berdampingan dengan Kiai Muzakki.

Jika saat doa dan dzikir manaqib sebelumnya Kiai Muzakki mendoakan Khofifah, kali ini giliran Emil yang didoakan. Bahkan usai acara, Emil tidak boleh langsung pulang tapi diminta menuju kediaman Kiai Muzakki.

SANGAT DEKAT: Layaknya putra sendiri, Emil Dardak diminta duduk di samping Kiai Muzakki Syah saat doa dan dzikir manaqib di Ponpes Al Qodiri, Jumat (11/5) dinihari. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SANGAT DEKAT: Layaknya putra sendiri, Emil Dardak diminta duduk di samping Kiai Muzakki Syah saat doa dan dzikir manaqib di Ponpes Al Qodiri, Jumat (11/5) dinihari. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Di dalam sebuah kamar, Emil kemudian didoakan secara khusus. Tak hanya didoakan, bupati non aktif Trenggalek itu juga diberikan amalan agar diberikan kelancaran dan keberhasilan di Pilgub Jatim 2018.

Menurut penuturan beberapa santri yang ditemui media, sangat jarang Kiai Muzakki mengajak seseorang masuk ke dalam kamarnya.

• Baca: Datang, Sungkem Habib Luthfi, Emil ‘Magnet’ Haul Sunan Ampel

“Kalau sudah dipanggil ke kamar, insyaallah itu pertanda baik. Kiai pastikan all out dan ada isyaroh baik,” kata Ahmad, salah seorang alumni.

Selain Emil, acara ini juga dihadiri Saifulllah Yusuf (Gus Ipul), namun Cagub nomor urut dua itu pulang terlebih dahulu. Sedangkan Emil tidak boleh pulang dan secara khusus diminta Kiai Muzakki untuk shalat sunnah berjamaah bersama dan diberi doa serta amalan khusus pula.