Respons Harapan Gubernur, RS Gelar Pemeriksaan Gratis THT

RESPONS RUMAH SAKIT: Pemeriksaan gratis THT di TK Dharma Wanita Persatuan di Jemursari, Surabaya, Jumat (3/3). Kegiatan ini bagian dari respons RSUD dr Soetomo atas harapan Gubernur Soekarwo.

SURABAYA, Barometerjatim.com – 24 siswa TK Dharma Wanita Persatuan di Jemursari, Surabaya, terlihat riang. Secara bergantian mereka mendapat pemeriksaan gratis THT dari tim kesehatan RSUD dr Soetomo, Jumat (3/3).

Tim kesehatan terdiri dari dokter spesialis THT, dokter dan perawat, yakni Dr Nyilo Purnami dr Sp THT KL (K) FISCM, dr Valentini Mega Pontoh dan perawat Endang Susilowati SST.

“Pemeriksaan kesehatan ini atas permintaan Ketua Dharma Wanita Pemprov Jatim, Hj Chairani Sukardi. Bagi masyarakat yang menginginkan pelayanan pemeriksaan sama, dapat menyampaikan permohonan kepada direktur RSUD dr Sutomo,” ujar Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampir Wanto.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan ini sekaligus respons RSUD dr Soetomo atas harapan Gubernur Jatim, Soekarwo agar para pemangku kepentingan di bidang kesehatan, termasuk rumah sakit, untuk mulai memikirkan dan melakukan kegiatan-kegiatan promosi kesehatan bukan kuratif yang membutuhkan dana besar.

Ditambahkan Benny, dengan pemeriksaan dini tersebut diharapkan gangguan-gangguan pendengaran yang dapat memberikan dampak sosial bagi penderita akan terkurangi atau bahkan tereliminasi.

• Baca: Total 27.038 Sekolah di Jatim, Baru 6.506 Terakreditasi A

Sementara usai pemeriksaan, Dr Nyilo Purnami menjelaskan, terdapat serumen pada 11 anak dengan tiga di antaranya dirujuk ke rumah sakit karena serumennya keras dan penuh. “Artinya secara umum kondisi anak-anak di sekolah tersebut bagus, hanya perlu pembersihan pada telinganya,” ujarnya.

Menurut Nyilo, yang perlu diwaspadai adalah kondisi kesehatan seperti congek atau otitis media kronis, trauma akustis karena bising dan ototoksik akibat penggunaan obat-obatan. “Kesemuanya berimplikasi pada turunnya kualitas pendengaran sehingga berimplikasi sosial bagi penderita,” katanya.

Nyilo menambahkan, pengabdian RSUD dr Sutomo terkait THT melalui pemeriksaan secara rutin juga diberikan terhadap siswa-siswa SLB Tuna Rungu Karya Mulya Surabaya.