Rektor: Alumni Unej Masih Merasa Inferior, Itu Masalah!

JANGAN INFERIOR: Iwan Taruna (kanan) dan Sarmuji, alumni Unej jangan inferior. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
JANGAN INFERIOR: Iwan Taruna (kanan) dan Sarmuji, alumni Unej jangan inferior. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rektor Universitas Jember (Unej), Iwan Taruna meminta alumni agar lebih percaya diri dengan almamaternya. Bukan sebaliknya, merasa inferior jika dibandingkan dengan kampus ternama lainnya.

Padahal, tak sedikit Unej maupun alumninya berkontribusi untuk kemajuan Indonesia, khususnya Jatim. Termasuk beberapa dosen yang banyak mengerjakan kajian-kajian penting, yang melandasi pengambilan keputusan provinsi maupun gubernur.

“Kita itu, alumni Unej, sebetulnya sudah banyak (memberi kontribusi), tadi sudah lihat sendiri superior semua. Tapi kadangkala masalahnya adalah di branding,” kata Iwan usai pengukuhan Pengurus Pusat (PP) Keluarga Alumni Universitas Jember (Kauje) 2020-2024 di Graha Wicaksana, kompleks kantor Pemprov Jatim, Sabtu (1/2/2020).

“Jadi, ada yang merasa alumni Unej tapi tidak merasa besar. Itu artinya tidak percaya diri, merasa inferior. Itu masalah buat saya, itu akan mempengaruhi kepercayaan diri. Seharusnya tidak demikian,” sambungnya.

Iwan mencontohkan, ada alumni yang S1-nya di Unej lalu kuliah S2 di Universitas Indonesia (UI). “Tapi kalau ditanya (jawabnya) alumni UI, he.. heh.. tidak alumni Unej. Itu yang kita harapkan tidak terjadi,” ujarnya.

Lantas, upaya apa yang akan dilakukan Unej agar alumninya tidak merasa inferior, serta tidak kalah besar dengan kampus ternama lainnya?

“Ini komunikasi harus dijalankan dengan baik, dengan alumni. Kontribusi-kontribusi, termasuk kerja sama dengan media itu menjadi penting,” katanya.

Sebab, tandas Iwan, ketika ada blowing pemberitaan yang bermutu dari hasil pekerjaan alumni atau institusi, otomatis bisa membawa suasana yang baik untuk percepatan branding.

“Kalau beliau-beliau ini (alumni) sering menutup berita soal Kauje, ya malah menutup terus. Tapi kalau prestasi-prestasi itu sering diekspos, nanti kan brand juga,” ucapnya.

Tiga Pilar Kauje

ALUMNI UNIVERSITAS JEMBER: Pengukuhan PP Kauje periode 2020-2024, Sabtu (1/2/2020). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
ALUMNI UNIVERSITAS JEMBER: Pengukuhan PP Kauje periode 2020-2024, Sabtu (1/2/2020). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Sementara itu Ketua Umum PP Kauje, Muhamad Sarmuji menuturkan, pihaknya punya tiga pilar yang diutamakan. Pertama, karena lahir dari induk almamater Unej, maka Kauje harus punya kontribusi maksimal bagi kejayaan serta peningkatan kualitas Unej.

“Citra Unej juga akan sangat tergantung dari alumninya. Karena itu, kita akan berperan dan berkontribusi secara maksimal bagi kejayaan Unej,” katanya.

Pilar kedua, lanjut Sarmuji, karena Kauje organisasi alumni maka harus punya manfaat yang juga maksimal bagi lulusan Unej. Terutama alumni yang baru-baru.

“Akan kita berdayakan, maksimalkan potensinya. Supaya mereka punya peluang, kesempatan yang sama dengan universitas ternama lainnya agar bisa diterima, bekerja sesuai dengan keinginannya dan berusaha sesuai dengan cita-citanya,” paparnya.

Ketiga, kata Sarmuji, karena Kauje juga entitas kebangsaan, maka akan berusaha semakismal mungkin berkontribusi untuk pembangunan Indonesia.

“Jadi ada tiga pilar, yakni kejayaan Unej, kejayaan alumni Unej, dan kejayaan untuk bangsa dan negara,” tegasnya.

» Baca Berita Terkait Unej