Rayakan Ultah Emas, Ratusan Karateka PMK ‘Serbu’ Kota Batu

ULTAH EMAS: Rudy Hartono (kanan) didampingi Alex Suhantoro jelang perayaan HUT emas PMK Kyokushinkai Karate-Do Indonesia. | Foto: Barometerjatim.com/DHANY KUSUMA

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ulang tahun emas Pembinaan Mental Karate (PMK) Kyokushinkai Karate-do Indonesia jatuh pada Minggu, 7 Mei 2017. Di usia 50, sebagai salah satu pelopor pembumian ilmu beladiri Jepang di Indonesia dan pendiri Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), wajar jika ribuan anggota PKM tersebar di nusantara.

Kota Batu yang dingin dipilih sebagai lokasi perhelatan HUT emas. Namun rangkaian peringatan juga digelar di beberapa kota di Indonesia sampai puncak acara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) full body contact di Denpasar, Bali, Oktober mendatang.

“DPD PMK Jawa Timur ikut berpartisipasi dengan menggelar dua agenda dalam rangkaian HUT emas ini. Khusus di Batu nanti, rencananya akan diramaikan sekitar 700 karateka dari seluruh Indonesia dan dihadiri senpai Shihan Yui dari Jepang, pemegang sabuk hitam Dan Lima,” terang Rudy Hartono, ketua Sabuk Hitam DPD PMK Jatim, Rabu (3/5).

• Baca: Misteri Nilai Kontrak Kapal Api di Liga 3 Jatim

Didampingi Ketua Dewan Pembina PMK Alex Suhantoro, Rudy mengatakan selama tiga hari, berbagai atraksi meramaikan kegiatan yang akan dibuka Walikota Batu, Eddy Roempoko tersebut. Termasuk acara tabur bunga ke makam pendiri PMK hanshi Nardi T Nirwanto SA di Batu.

“Kami juga akan berziarah ke makam delapan  karateka yang meninggal tenggelam pada musibah di Pantai Ngliyep, 7 September 1976 silam,” terangnya.

Sekedar diketahui, Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-do Indonesia didirikan Shihan Nardi T Nirwanto SA pada 7 Mei 1967 di Kota Batu, yang sampai sekarang menjadi pusat perguruan ini.

• Baca: Minim Pesilat Putri, IPSI Surabaya Gelar Piala DLU

Menjadi anggota resmi FORKI sejak terbentuk, Shihan Nardi sempat memperdalam ilmu beladiri ini beberapa kali di Jepang, di bawah bimbingan langsung Grand Karate Master Masutatsu Oyama (almarhum), pendiri aliran Karate Kyokushinkai.

Saat ini Kyokushinkai Karate telah berkembang di hampir 200 negara dan merupakan salah satu aliran karate yang paling berpengaruh dalam seni beladiri. Pembinaan mental karate, sesuai tujuannya, menekankan latihan pada segi fisik (body), pikiran(mind) dan jiwa (spirit).