Prabowo Perintahkan Gerindra Jatim Bantu Korban Erupsi Semeru, Anwar Sadad: Siap Laksanakan!

-
Prabowo Perintahkan Gerindra Jatim Bantu Korban Erupsi Semeru, Anwar Sadad: Siap Laksanakan!
ERUPSI GUNUNG SEMERU: Satu dari 1.979 warga yang diungsikan imbas erupsi Gunung Semeru. | Foto: BNPB

SURABAYA, Barometerjatim.com - Erupsi Gunung Semeru yang terjadi sejak Minggu (4/12/2022) pagi mengundang keprihatinan berbagai pihak, tak terkecuali Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Selain mendoakan ribuan korban yang mengungsi, secara khusus politikus yang juga Menteri Pertahanan RI itu memerintahkan jajaran pengurus DPD Partai Gerindra Jatim untuk bergerak memberikan bantuan.

"Semoga saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru diberi kekuatan dan ketabahan, tulis Prabowo lewat akun Instagramnya @Prabowo. Bersama ini, instruksi dari saya untuk jajaran @gerindra DPD Jawa Timur untuk bergerak membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah, perintahnya.

Tak butuh waktu lama, instruksi Prabowo langsung dilanjuti Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad. "Langsung koordinasi dgn Ketua DPC dan Pimpinan dan Anggota Fraksi Gerindra Lumajang, kader2 dari orsap langsung ke lokasi," kata Sadad lewat akunnya @ansadad di kolom komentar postingan Prabowo.

"Mudah2an tak berlangsung lama. Masyarakat Lumajang masih mengalami trauma karena erupsi sebelumnya. Siap laksanakan perintah, Bapak @prabowo," imbuh Wakil Ketua DPRD Jatim itu.

Bahkan sejak pagi hingga sore hari, Sadad terus berkoordinasi. "Laporan dari Bunda @masdarindah: Sore ini terupdate awan panas guguran sdh berhenti. Abu vulkanik juga sdh reda terguyur hujan bbrp jam lalu," katanya.

"Dan saat ini cuaca cerah tdk hujan. Kondisi tetap terpantau melalui pos pantau semeru. Status msh AWAS sambil melihat perkembangan aktivitas semeru. Posisi saya msh di lokasi semeru mulai jam 8 pagi sampai saat ini. Doa terbaik untuk seluruh masyarakat Lumajang, Bunda @masdarindah," sambung Sadad.

Merujuk data Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga sore tadi sebanyak 1.979 warga di sekitar Gunung Semeru mengungsi ke 11 titik akibat erupsi atau Awan Panas Guguran (APG). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga telah menaikkan status Gunung Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). 

Pusdalops BNPB merinci, 11 titik pengungsian tersebut meliputi 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip.

Lalu 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMPN 2 Pronojiwo.{*}

» Baca berita terkait Erupsi Semeru. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.