Pindah Lokasi atau Dibiarkan Jadi Pelabuhan Mati

TAK LAYAK PAKAI: Pelabuhan Tanglok, kondisinya semakin dangkal untuk tempat sandar kapal berukuran besar.

SAMPANG, Barometerjatim.com – Pelabuhan Tanglok, Sampang, dinilai tak layak digunakan lagi. Kondisinya semakin dangkal untuk tempat sandar kapal berukuran besar. Begitu juga luas pelabuhan yang tidak sesuai dengan sirkulasi keluar masuk kapal.

Bahkan, menilik kondisi pelabuhan yang semakin dangkal serta menjadi salah satu lokasi dampak banjir, tidak menutup kemungkinan akan dipindah ke tempat lain yang lebih aman.

“Saya sudah rapat di provinsi dan sampaikan jika Pelabuhan Tanglok tidak cepat dikeruk bisa menjadi pelabuhan mati,” kata Kepala Dishub Sampang, Moh Zuhri melalui Kabid Perhubungan Laut, Moh Chotibul Umam, Sabtu (25/2).

Selama ini Pelabuhan Tanglok menjadi pusat bersandar kapal perahu penyebarangan antara daratan Sampang dengan kepulauan Mandangin.

Terkait kondisi banjir yang membuat pelayaran di Pelabuhan Tanglok terganggu, kata Chotib, juga menjadi kajian dinasnya. Bahkan, sejumlah pemilik kapal perahu ada yang mengusulkan agar Pelabuhan Tanglok dipindah.

Chotib pun tidak keberatan kalau pelabuhan harus dipindahkan ke tempat lain. “Jika tidak ada kendala, aktivitas pelabuhan akan dipindah ke Pelabuhan Taddan,” katanya.btm