Pilkada di 18 Kabupaten/Kota Digelar Bareng Pilgub

KPU Kabupaten Lumajang siap menggelar Pilkada di 2018 bersamaan dengan 17 kabupaten/kota lain serta Pilgub Jatim. (Ist)

LUMAJANG, Barometerjatim.com – 18 kabupaten/kota di Jawa Timur akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 2018, yang digelar bersamaan dengan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim. Lumajang termasuk kabupaten yang akan menggelar hajatan lima tahunan tersebut.

“Akhir masa jabatan bupati Lumajang Agustus 2018, jadi Lumajang akan ikut Pilkada serentak di bulan Juni 2018,” ujar Komisioner KPU Lumajang, Muhammad Ridhol Mujib usai melakukan silaturrahim ke bupati Lumajang, Kamis (14/1).

Namun Edo belum bisa menyebut hari dan tanggal pelaksanaan karena hal itu menjadi kewengan KPU RI. “Kalau hari dan tanggal kewengan KPU pusat, namun untuk tahapan Pilkada Lumajang akan dimulai pertengahan 2017,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Jombang, Nyai Hj Mundjidah Wahab siap maju sebagai calon bupati pada Pilkada Jombang. Namun salah satu putri pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahab Chasbullah itu terlihat santai saat ditanya tentang persiapannya menghadapi Pilkada 2018.

Dia menegaskan, terkait kemungkinan maju di Pilkada 2018 tergantung dua indikator. Pertama soal kondisi kesehatan, karena usia Mundjidah sudah tak lagi muda, 68 tahun. “Usia memang sudah tua, tapi kalau diberi kesehatan dan umur panjang saya siap maju lagi di Pilkada,” katanya.

Kedua, terkair arah dukungan masyarakat Jombang, terutama dari basis Nahdlatul Ulama dan Muslimat NU. “Kalau warga NU masih meminta maju lagi, saya tidak bisa menolak,” tegas ketu PC Muslimat NU Jombang tersebut.

Di Pilkada 2013 silam, Mundjidah berduet dengan Nyono Suharli Wihandoko dan menjadi pemenang usai meraih 401.576 suara (59,54 persen).

Apakah dalam pilkada 2018 mendatang kembali berduet dengan Nyono? Mundjidah belum bisa memberi jawaban pasti.

Terpilihnya Bupati Nyono sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jatim juga turut mengubah peta politik di Kabupaten Jombang. “Kalau beliau jadi maju dalam pilkada Jatim dan waktunya bersamaan dengan Jombang, tentu tidak mungkin saya maju lagi dengan beliau,” pungkas Mundjidah.

PILKADA 2018 DI JAWA TIMUR

  1. Provinsi Jawa Timur
  2. Kabupaten Probolinggo
  3. Kabupaten Sampang
  4. Kabupaten Bangkalan
  5. Kabupaten Bojonegoro
  6. Kabupaten Nganjuk
  7. Kabupaten Pamekasan
  8. Kabupaten Tulungagung
  9. Kabupaten Pasuruan
  10. Kabupaten Magetan
  11. Kabupaten Madiun
  12. Kabupaten Lumajang
  13. Kabupaten Bondowoso
  14. Kabupaten Jombang
  15. Kota Malang
  16. Kota Mojokerto
  17. Kota Kediri
  18. Kota Madiun
  19. Kota Probolinggo