Pileg 2024, Gerindra se-Jatim Buru Kursi Satu Perahu Penuh!

SATU PERAHU : (Dari kiri) Nur Saidah, Anwar Sadad, dan Sally Atyasasmi. Buru kursi satu perahu penuh. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SATU PERAHU : (Dari kiri) Nur Saidah, Anwar Sadad, dan Sally Atyasasmi. Buru kursi satu perahu penuh. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Menyongsong Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, target besar digaungkan DPD Partai Gerinda Jatim. Tak tanggung-tanggung, seluruh kekuatan di Jatim — mulai DPD sampai DPC — dilecut untuk bisa meraih kursi satu perahu penuh alias 20 persen dari total kursi yang diperebutkan.

“Kita diberikan mandat oleh DPP, diberikan amanat. Bahwa dalam Pemilu yang akan datang harus bisa meraih kursi satu perahu penuh, untuk mengantarkan kita menjadi calon kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Sabtu (3/7/2021).

Gerindra, lanjut Sadad, berkomitmen, bahwa ketua DPD/DPC yang bisa mengantarkan partai meraih kursi satu perahu penuh di DPRD untuk mengantarkan calon kepala daerah, maka dia lah yang menjadi prioritas dicalonkan sebagai kepala daerah dari Gerindra.

“Karena itu, setelah memenangkan kursi penuh di DPRD masing-masing dan di Jatim, maka ketua DPC, anggota DPRD provinsi yang ada harus bersedia menjadi calon kepala daerah di tempat masing-masing. Kita punya jago yang hebat-hebat, orang-orang yang hebat. Ayam jago bukan ayam clipir,” paparnya.

Nah, untuk memenuhi target kursi satu perahu penuh, Sadad meminta di antaranya agar menyiapkan saksi lebih dini di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Merujuk Pemilu tahu lalu, terdapat 131 ribu TPS di seluruh Jatim.

“Di benak kita, 131 ribu TPS se-Jatim itulah yang harus kita ‘serang’. Rakyat di tempat masing-masing harus kita menangkan hatinya, rebut hatinya, bahwa mereka mencintai partai ini, mencintai Bapak Prabowo Subianto sebagai bekal untuk Pemilu 2024,” paparnya.

Lagi pula, Gerindra sudah teruji di Pilkada serentak 2020. Dari 19 Pilkada di Jatim, 12 di antaranya dimenangkan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung Gerindra.

“Meskipun kita juga harus instrospeksi, gerayangi jitok (meraba tengkuk) sendiri, bahwa dari 12 itu hanya beberapa yang merupakan kader asli Partai Gerindra,” ucap Sadad yang juga wakil ketua DPRD Jatim.

Rata-rata Runner Up

WUJUDKAN MANDAT: Nur Saidah (kiri) dan Sally Atyasasmi, siap penuhi target kursi satu perahu penuh. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
WUJUDKAN MANDAT: Nur Saidah (kiri) dan Sally Atyasasmi, siap penuhi target kursi satu perahu penuh. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Lantas, siapkah DPC memenuhi target kursi satu perahu penuh? “Oh, iya. Gresik tinggal nambah dua kursi lagi. Kita kan runner-up di Gresik, terbesar kedua,” kata Bendahara DPC Partai Gerindra Kabupaten Gresik, Nur Saidah.

Menurut perempuan yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupeten Gresik tersebut, saat ini Gerindra berada di posisi kedua dengan delapan kursi, sedangkan posisi puncak milik Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 15 kursi.

Hal sama ditegaskan Wakil Bendahara DPC Partai Gerindra Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi. “Bojonegoro tinggal tambah empat kursi,” kata perempuan yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bojonegoro tersebut.

Di DPRD Kabupaten Bojonegoro, Gerindra meraih 6 kursi. Sedangkan posisi puncak diraih PKB dengan 10 kursi. “Di Jatim, Gerindra hampir semuanya runner-up,” sambung Nur Saidah.

Pun demikian di DPRD Jatim, Sadad menargetkan 24 kursi dari saat ini sebanyak 15 kursi. “Yang jelas semuanya 20 persen dari total kursi yang diperebutkan,” tandas politikus keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut.

» Baca Berita Terkait Gerindra Jatim