Pilbup Sidoarjo, Haji Masnuh Jajaki Maju Lewat Independen

AUDIENSI KE JK: Haji Masnuh (kiri) usai audiensi DMI Jatim ke Jusuf Kalla di kantor Wapres RI. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
AUDIENSI KE JK: Haji Masnuh (kiri) usai audiensi DMI Jatim ke Jusuf Kalla di kantor Wapres RI. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Tak hanya membangun komunikasi dengan Parpol, kandidat Bupati Sidoarjo, Haji Masnuh juga mulai menjajaki untuk maju lewat jalur perseorangan alias independen.

“Pilihan maju itu kalau enggak lewat Parpol kan bisa dari jalur independen. Itu juga sedang saya jajaki. Dalam politik semua serba mungkin kan,” katanya pada Barometerjatim.com, Senin (2/9/2019).

Soal persyaratan dari jalur perseorangan yang dinilai berat, mantan bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu tidak mempermasalahan kalau memang hal tersebut sudah menjadi pilihan.

“Ya bisa saja kan persyaratan itu terpenuhi. Hanya saja yang lebih ringan memang lewat jalur Parpol,” tandasnya.

Ditanya soal komunikasi dengan Parpol, Masnuh menyebut sudah dilakukannya tapi baru informal, sebatas dengan elite sejumlah Parpol.

“Kalau formal sih belum, ya baru sebatas katakanlah obrolan warung kopi, ya dengan PAN, Golkar dan lainnya. Begitu juga dengan elemen masyarakat, termasuk tokoh-tokoh NU,” ujarnya.

Kapan declare? “Wah, belumlah. Masih melakukan penjajakan, masih melihat respons masyarakat dan tokoh-tokoh di Sidoarjo. Itu yang akan menjadi pertimbangan untuk memutuskan segala sesuatunya secara cermat,” ujarnya.

Nama Masnuh didorong banyak elemen masyarakat, termasuk Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP)  Jatim, untuk maju Pilbup Sidoarjo 2020. Sementara dari kader PKB — Parpol pemenang Pemilu 2019 di Sidoarjo dengan 16 kursi di DPRD — juga muncul banyak kandidat.

Mereka di antaranya Anik Maslachah (anggota DPRD Jatim), Syaikhul Islam dan Ahmad Muhdhor (keduanya putra pengasuh Ponpes Bumi Sholawat, KH Agoes Ali Masyhuri alias Gus Ali), Achmad Amir Aslichin alias Iin (anggota DPRD Jatim, putra Bupati Sidoarjo Saiful Ilah), serta Nur Ahmad Syaifuddin (wakil bupati).

Di luar kader PKB, muncul nama politikus Partai Gerindra anggota DPR RI dari Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo), Rahmat Muhajirin. Sementara kader dari Parpol lain belum muncul.

» Baca Berita Terkait Haji Masnuh, Pilbup Sidoarjo