Rabu, 07 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Petik Laut Muncar, Khofifah Kirim Lima Paket Bantuan Kube

Berita Terkait

PAKET BANTUAN KUBE: Staf Mensos RI, Prof M Mas'ud Said menyerahkan paket bantuan Kube untuk nelayan Muncar, Banyuwangi di sela acara petik laut, Kamis (5/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PAKET BANTUAN KUBE: Staf Mensos RI, Prof M Mas’ud Said menyerahkan paket bantuan Kube untuk nelayan Muncar, Banyuwangi di sela acara petik laut, Kamis (5/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
- Advertisement -

BANYUWANGI, Barometerjatim.com – Ada yang berbeda dari perayaan upacara tradisional Petik Laut Muncar tahun ini. Dalam acara yang digelar di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi, Kamis (5/10), kelompok nelayan setempat mendapat kiriman bantuan sosial dari Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa.

Batuan sosial berupa lima paket Kelompok Usaha Bersama (Kube) tersebut diserahkan Staf Khusus Mensos, Prof Mas’ud Said. Sementara Mensos batal hadir karena harus mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Cilegon, Banten.

Kube merupakan program bantuan Kementerian Sosial yang memberikan modal Rp 20 juta untuk kelompok orang kurang mampu. Sedangkan bagi kelompok nelayan Muncar, rencananya bantuan ini akan digunakan untuk modal membeli peralatan tangkap ikan serta modal berdagang bagi kelompok para istri nelayan.

• Baca: Prof Mas’ud Said: 75 Persen Daerah Hasil Pemekaran Tak Maju

“Ibu Khofifah selaku Menteri Sosial menyambut baik pengajuan bantuan Kube dari teman-teman kelompok nelayan Muncar yang kurang mampu untuk digunakan sebagai usaha menangkap dan berdagang ikan,” kata Mas’ud.

“Ke depan, harapannya, bantuan ini dapat membantu nelayan yang kurang mampu agar lebih meningkat kesejahteraanya,” tambahnya.

Selain Mas’ud, upacara tradisional petik laut dihadiri Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas beserta istri, Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko; Wakil Bupati Parigi Moutong, Badrun Nggai, Staf Khusus Mensos, Dwi Aryadi Kusuma; ulama besar Banyuwangi, KH Suyuti; pejabat forum komunikasi pimpinan daerah; serta tokoh masyarakat Banyuwangi lainnya.

• Baca: Di Tanah Azwar Anas, Forum Takmir Masjid Dukung Khofifah

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Banyuwangi, Hasan Basri  menyampaikan kegiatan ini adalah bentuk rasa syukur terhadap Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat dan rezekinya.

Hasan juga menyampaikan terima kasih atas bantuan dari berbagai pihak. “Kami sampaikan terima kasih kepada Ibu Khofifah dan jajaran Kementerian Sosial, Bupati Anas dan jajarannya, jajaran pengurus HNSI Kabupaten Banyuwangi dan seluruh elemen masyarakat Banyuwangi yang peduli terhadap kegiatan petik laut,” paparnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -