Perintah Jokowi: Kirim Masker Sebanyak-banyaknya ke Jatim!

PROBLEM MASKER: Jokowi perintahkan Gugus Tugas Pusat kirim masker sebanyak-banyaknya ke Jatim. | Foto: IST
PROBLEM MASKER: Jokowi perintahkan Gugus Tugas Pusat kirim masker sebanyak-banyaknya ke Jatim. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kaget saat mendapat laporan, kalau jumlah warga di Jatim yang tak memakai masker di tengah pandemi Corona (Covid-19) jumlahnya hingga 70 persen.

“Tadi disampaikan oleh gugus tugas, bahwa masih 70 persen yang enggak pakai masker. Ini angka yang gede banget,” kata Jokowi saat memberikan arahan terkait penanganan Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (26/6/2020).

“Oleh sebab itu, hari ini juga saya minta kepada gugus tugas nasional kirim masker sebanyak-banyaknya ke Surabaya, ke Jawa Timur,” tandasnya.

Selain itu, Jokowi memerintahkan agar diteruskan tes masif, pelacakan yang agresif, isolasi, hingga treatment secara ketat. “Ini agar diteruskan dengan jumlah yang lebih banyak,” katanya.

Jika Corona sudah terkendali dan bersiap masuk ke new normal atau normal, Jokowi meminta agar tahapan-tahapannya diprakondisikan.

“Ada prakondisi untuk menuju ke sana. Jangan tahu-tahu langsung dibuka tanpa sebuah prakondisi yang baik,” katanya.

Setelah prakondisi, cari timing yang betul-betul pas untuk menentukan kabupaten atau kota mana yang terlebih dahulu dibuka untuk new normal.

Begitu pula yang berkaitan dengan prioritas sektor. Tidak semuanya langsung dibuka, tapi melalui tahapan-tahapan. “Sehingga tadi saya sampaikan gas dan remnya ini harus pas betul,” kata Jokowi.

“Sektor yang memiliki risiko rendah bisa didahulukan, sektor yang memiliki risiko sedang tentu saja dinomorduakan, dan sektor yang memiliki risiko tinggi dinomortigakan atau nomorempatkan atau nomorlimakan,” tegasnya.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona