Perbaikan Tol Gempol-Surabaya, Emil Harap 9 Hari Lagi Selesai!

TOL LONGSOR: Wagub Emil Dardak meninjau perbaikan ruas jalan tol yang longsor di jalur arah Gempol. | Foto: Barometerjatim.com /ROY HS
TOL LONGSOR: Wagub Emil Dardak meninjau perbaikan ruas jalan tol yang longsor di jalur arah Gempol. | Foto: Barometerjatim.com /ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Emil Elestianto Dardak meninjau perbaikan ruas jalan tol yang longsor di jalur A KM 06+200 arah Gempol, Jumat (29/01/2021).

Menurut Emil, Jasa Marga bergerak cepat untuk melakukan perbaikan dengan memasang sheet pile untuk mencegah terjadinya longsor lebih parah.

“Jasa Marga telah bergerak cepat untuk melakukan pemasangan sheet pile, karena ini yang harus dilakukan untuk mencegah tambah parahnya longsoran,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Emil, tim geologi Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya juga sudah melakukan sondir boring untuk melihat kondisi tanah terjadinya longsor.

“Kemarin hasilnya sudah keluar, tanahnya relatif masih stabil, sehingga dengan pemasangan sheet pile dan urukan untuk mengisi kekosongan material-material,” kata mantan bupati Trenggalek tersebut.

Berkat gerak cepat Jasa Marga, lanjut Emil, sejak semalam kendaraan berat sudah bisa melintas kembali. “Nah ini capaian yang sangat baik, karena dengan kendaraan berat sudah bisa beroperasi jalur perdagangan kita menjadi lancar walaupun belum optimal,” tuturnya.

Wagub yang juga ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jatim tersebut, pengerjaan jalan tersebut akan selesai pada 7 Februari 2021.

“Tadi kami menghubungi Bu Fitri, Direktur Operasional Jasa Marga bahwasanya pengerjaan ini dilakukan insentif, mudah-mudahan akhir minggu depan tepatnya 9 hari dari hari ini kita bisa mengoperasikan lajur ketiga,” katanya.

Emil berharap, pengendara bisa tertib dan mengikuti arahan dari petugas lalu lintas. “Ikuti aturan kendaraan kecil di lajur kedua, kendaraan besar di lajur ketiga atau paling pojok,” katanya.

“Jadi mohon tertib mengikuti arahan dari petugas lalu lintas di jalan tol, kami mohon kesabarannya,” tuntas Emil.

» Baca Berita Terkait Emil Dardak