Pengakuan Puti: Bu Khofifah Sosok yang Saya Kagumi

SAMBUTAN HANGAT: Khofifah didampingi Emil Dardak menyambut hangat Puti Guntur di Gedung Graha Amerta Rumah RSUD dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAMBUTAN HANGAT: Khofifah didampingi Emil Dardak menyambut hangat Puti Guntur di Gedung Graha Amerta Rumah RSUD dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak sebatas masyarakat kebanyakan, ternyata sosok Khofifah Indar Parawansa juga dikagumi bakal calon lawannya di Pilgub Jatim 2018, Puti Guntur Soekarno.

Bakal Cawagub pendamping Saifullah Yusuf itu menyebut, Khofifah adalah sosok perempuan yang mempunyai kinerja baik dan berprestasi sebagai menteri maupun aktivis perempuan.

“Sosok Bu Khofifah termasuk salah satu perempuan yang saya kagumi,” ujarnya kepada wartawan usai melakukan pendaftaran di kantor KPU Jatim, Surabaya, Rabu (10/1) malam.

• Baca: PDIP Rajin Komentar Negatif, Pengamat: Awas Bumerang!

“Tapi di dalam kompetisi politik Pilkada, ya kita berkompetisi sehatlah dengan Bu Khofifah,” tandasnya.

Ditanya soal kesiapan mental untuk bertarung di Pilgub Jatim 2018, Puti menyatakan sebagai kader partai yang ditugaskan PDIP dimanapun dirinya harus siap.

“Karena kami kan memang di partai ya, kami sudah dikader, dididik untuk siap mental. Dimanapun kami ditugaskan, ya artinya ketika ibu (Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri) menugaskan di Jatim ya artinya sudah siap,” katanya.

“Dan itu sudah menjadi apa ya.. kerja kami ya memang seperti itu. Jadi ya kalau ditanya siap mental ya pasti siap-lah,” tambahnya.

Bertemu di Graha Amerta

Menariknya, sehari setelahnya, Puti bertemu langsung dengan Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut. Keduanya bertemu sesaat sebelum mengikuti tes psikologi yang digelar KPU Jatim di Gedung Graha Amerta Rumah RSUD dr Soetomo, Surabaya, Kamis (11/1).

Keduanya bertemu sekitar pukul 08.30 WIB. Puti langsung menghampiri Khofifah yang datang lebih awal sambil menggenggam tangannya. Suasana terlihat akrab diiringi tawa, termasuk Emil Dardak dan Saifullah yang berada di sampingnya.

• Baca: Istri Ketum PBNU Ikut Antar Khofifah-Emil Daftar ke KPU

Puti mengenakan kemeja dan rok panjang berwarna hitam dengan kerudung merah, sedangkan Khofifah tampil anggun dengan batik bercorak biru dengan jilbab pink. Namun obrolan tidak berlangsung lama karena petugas rumah sakit keburu mengarahkan kedua pasangan tersebut ke ruang tes.

Seperti diberitakan, Puti dipilih PDIP untuk menggantikan Abdullah Azwar Anas yang kesandung foto mesum. Pasangan ini diusung koalisi PKB (20 kursi), PDIP (19), PKS (6) dan Gerindra (13) atau total 58 kursi.

Sementara Khofifah yang berpasangan dengan Emil Dardak diusung koalisi Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11), Hanura (2), Nasdem (4), PPP (5), PAN (7) serta PKPI (non kursi) atau total 42 kursi.