Pemkab Sidoarjo Bentuk Satgas Lingkungan Hidup

PERA VITAL: Bahrul Amiq, keberadaan Satgas Lingkungan Hidup sangat vital karena menjadi ujung tombak dalam program sosialiasi pengelolaan sampah oleh masyarakat.

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Ribuan orang akan menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di GOR Delta Sidoarjo, Jumat (24/2). Dalam puncak peringatan tersebut juga akan dilakukan pelantikan Satgas Lingkungan Hidup oleh Bupati Saiful Illah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten  Sidoarjo, Bahrul Amiq menuturkan keberadaan Satgas ini sangat vital karena akan menjadi ujung tombak dalam program sosialiasi pengelolaan sampah oleh masyarakat.

Satgas ini akan diberi kewenangan untuk menegur masyarakat yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya, termasuk ke sungai. “Mereka nanti bisa menegur dan melaporkan ke instansi terkait jika ada masyrakat atau perusahaan yang membuang sampah sembarangan,” lanjut alumnus STPDN itu.

Terkait kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, Bahrul menyampaika selain dihadiri masyarakat kader penggerak kebersihan, juga dihadiri seluruh camat, Kades, satuan TNI dan Polri, serta pihak sekolah.

“Semua masyatakat dari berbagai kelompok, termasuk polisi dan TNI kita hadirkan karena pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya DKP saja,” tandas pria penyuka nasi bungkus itu.