Kamis, 26 Mei 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

PCNU Lamongan Muskercab di Yogyakarta, Kelakar Rais Syuriyah: Baru Kali Ini di Hotel

Berita Terkait

MUSKERCAB: Musyawarah kerja Kabupaten Lamongan di Hotel Matahari, DI Yogyakarta. | Foto: Barometerjatim.com/IST
MUSKERCAB: Musyawarah kerja Kabupaten Lamongan di Hotel Matahari, DI Yogyakarta. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

YOGYAKARTA, Barometerjatim.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lamongan menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) ke-2 di Hotel Matahari, DI Yogyakarta, 11-12 Februari 2022. Muskercab diikuti 200 orang terdiri dari delegasi PCNU, MWCNU, dan Badan Otonom (Banom).

Acara dibuka Rais Syuriyah PCNU Lamongan, KH Salim Azhar. Turut hadir dalam pembukaan, yakni HM Koderi dari PWNU Jatim dan Wakil Bupati Lamongan, KH Abdul Rouf.

Dalam sambutan iftitahnya, Kiai Salim sempat berkelakar, “Baru kali ini kita menggelar even NU di sebuah hotel, biasanya kita gelar di pesantren,” katanya yang disambut senyum hadirin.

Lebih lanjut Kiai Salim menyampaikan ada empat tips untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yaitu keselamatan, keharmonisan, perekonomian, dan hablum minallah.

Kelakar juga dilontarkan Ketua Tanfidziyah PCNU Cabang Lamongan, H Supandi Awaluddin di awal sambutannya. “Musker ke-2 ini kita gelar di Yogyakarta karena Lamongan sedang banjir,” ucapnya yang membuat ger-geran hadirin.

Pandi kemudian menuturkan, PCNU Lamongan di tengah era industri 4.0 ini akan mengembangkan aplikasi digital untuk menunjang administrasi organisasi.

Di bidang perekonomian, terang Pandi, saat ini PCNU Lamongan sedang mendirikan seribu Gerai Kulakan (toko kelontong di masing-masing dusun) dengan di-support permodalan dan aplikasi digital.

Dia juga menyerukan agar Nahdliyin-Nahdliyat berinvestasi dengan menanam saham, untuk pengembangan pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi PCNU Lamongan.

“Saya juga berharap kepada pengurus LP Ma’arif NU segera melakukan pendataan dan pengembangan untuk madrasah/sekolah afilisasi NU yang mengalami minimnya jumlah murid,” katanya.

Di sisi lain, PCNU Lamongan mengapresiasi LKKNU yang berkontribusi aktif dalam penanganan Covid-19. Apresiasi juga diberikan pada LAZISNU MWCNU Paciran, Turi, dan Mantup yang aktif dalam pengelolaan dana donasi Nahdliyin.

“PCNU Lamongan kembali akan menggelar sosialisasi pendataan aset pertanahan NU, yakni dengan membentuk tim dari masing-masing MWCNU,” tegasnya.

Hibah Tanah dan Bangunan

Sementara itu Wakil Bupati Lamongan, KH Abdul Rouf menuturkan, pihaknya bersyukur atas PC JATMAN (Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah) Lamongan yang telah menerima hibah tanah dan bangunan di Lamongan untuk digunakan sebagai kantor.

“Saya menyakini kegiatan yang dikelola JATMAN penuh keberkahan. Atas nama Pemkab Lamongan, saya mengapresiasi komitmen kemandirin organisasi dan ekonomi yang digagas PCNU Lamongan,” katanya.

Sedangkan HM Koderi mengapresiasi digelarnya Muskercab ke-2 PCNU Lamongan yang digelar di Yogyakarta. Menurutnya, hal itu terinpirasi gerakan yang dulu dilakukan Sri Sultan Hamengkubuwana I dalam akulturasi tradisi Jawa dengan tradisi Islam.

“Nilai itulah yang kini digelorakan oleh NU dengan gerakan Islam Nusantara,” tandasnya. Pembukaan Muskercab kemudian ditutup dengan doa oleh Wakil Rais Syuriah PCNU Lamongan, KH Abdullah Shidiq.

» Baca berita terkait Nahdlatul Ulama. Baca juga tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -