Pantai Pandanan Disiapkan Khusus untuk Perempuan

KHUSUS PEREMPUAN: Pantai Pandanan, bakal disulap jadi tempat wisata pantai khusus ‎kaum Hawa serta anak-anak.

BANYUWANGI, Barometerjatim.com  – Pemkab Banyuwangi terus membuka ruang sektor pariwisata. Tahun ini sedang menyiapkan destinasi baru, yakni wisata pantai khusus ‎kaum Hawa (woman club beach) serta anak-anak yang berada di Pantai Pandanan, sisi selatan Pulau Santen, Kecamatan Banyuwangi.

“Pantai ini akan kami jadikan khusus untuk pengunjung anak-anak dan perempuan. Ini untuk kenyamanan perempuan. Kalau ditata, pasti bagus. Ini untuk ekspansi destinasi baru,” kata kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Sabtu (21/1).

Lokasi pantai ini dinilai strategis karena terletak di Kota Banyuwangi. Berbeda dengan pantai-pantai yang telah dieksplore letaknya mayoritas di luar kota. ”Ini letaknya strategis karena ada di kota,” tambah Anas.

Pantai Pandanan memiliki padang rumput yang banyak ditumbuhi pepohonan dan tananaman akar manis, serta panorama alam nan menarik dengan pasir hitam.

Anas menambahkan nantinya akan dibuat empat cluster di pantai tersebut. Yakni sarana permainan anak-anak. Lalu kolam renang, untuk olahraga, serta tempat kuliner. “Juga disediakan tempat untuk laki-laki yang menunggu istri dan anaknya,” kata Anas.

Untuk menuju ke Pantai Pandanan saat ini masih harus melewati kampung nelayan di pesisir Pulau Santen. Pulau Santen yang berada di wilayah perairan Selat Bali ini lokasinya terpisah dari daratan Kota Banyuwangi.

Keduanya dipisahkan oleh sebuah sungai berarus tenang yang mengalir sekitar 2 kilometer. “Nantinya akan dibuka akses pintu masuk untuk menuju ke lokasi ini,” kata Anas.• roy