Ogah Calon PKB! Barikade Gus Dur Dukung Kelana-Astutik

BARIKADE GUS DUR: Kelana Aprilianto, penuh semangat mendapat dukungan dari Barikade us Dur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BARIKADE GUS DUR: Kelana Aprilianto, penuh semangat mendapat dukungan dari Barikade Gus Dur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Barisan Kader (Barikade) Gus Dur terang-terangan tidak mendukung calon yang diusung atau didukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada 2020, tak terkecuali di Pilbup Sidoarjo.

Seperti diketahui, Pilbup Sidoarjo diikuti tiga pasangan calon, yakni Bambang Haryo Soekartono-Taufiqulbar yang diusung Gerindra, PKS, Golkar, PPP, dan Demokrat (total 18 kursi).

Lalu Ahmad Muhdlor Ali-Subandi diusung PKB (16 kursi), serta Kelana prilianto-Dwi Astutik diusung PDIP dan PAN (14 kursi). Barikade Gus Dur pun menjatuhkan pilihan dukungan pada Kelana-Astutik.

“Jadi kita, Barikade Gus Dur, prinsip tidak mendukung pasangan calon yang diusung oleh PKB. Kenapa? Kita nanti ngobrol,” kata Wakil Ketua Umum DPP Barikade Gus Dur, Sudarsono Rahman saat deklarasi dukungan untuk Kelana-Astutik di Waru, Sidoarjo, Minggu (18/10/2020).

Terkait dukungan Barikade Gus Dur kepada Kelana-Astutik, tandas Sudarsono, selain prinsip tidak mendukung calon PKB juga karena tiga hal. Pertama, Kelana sosok politikus senior yang paham birokrasi pemerintahan.

“Pak Kelana sosok politisi senior. Saya yakin paham betul bagaiman birokrasi yang ada, bagaimana menjalankan pemerintahan yang ada di Sidoarjo,” katanya.

Kedua, entrepreneur alias pengusaha. “Di tengah rakyat sakit karena faktor pandemi Covid-19, di mana ekonomi masyarakat terpuruk, kami yakin Pak Kelana sebagai seorang entrepreneur mampu mengangkat kembali ekonomi yang ada di Sidoarjo,” paparnya.

Ketiga, masyarakat Sidoarjo adalah agamis dengan mayoritas warga Nahdlatul Ulama (NU). Karena itu, masyarakat NU harus disapa dan didekati dengan cara NU pula.

“Bapak Kelana tidak diragukan lagi ke-NU-annya, karena beliau adalah salah satu penasihat Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Jatim, persatuan pesantren NU Jatim,” katanya.

“Dan wakilnya, Ibu Dwi Astutik, saya katakan dia lahir procot iku wis NU. Beliau meniti karir melalui IPPNU, PMII, Remas, Fatayat NU, dan sekarang wakil sekretaris PW Muslimat NU Jatim,” sambungnya.

Pertimbangan tersebut, tandas Sudarsono, menjadi bekal seluruh fungsionaris Barikade Gus Dur di Sidoarjo untuk dikapitalisasi, disampaikan kepada masyarakat kenapa Ormas bentukan putri Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid tersebut mendukung Kelana-Astutuik.

“Tolong dipahami teman-teman DPAC dan DPC, teman-teman fungsionaris, tiga hal itu anda bawa, anda sampaikan kenapa Barikade Gus Dur mendukung Bapak Kelana. Jadi kita tidak sembarangan mendukung,” jelasnya.

Sudarsono juga meminta, usai deklarasi seluruh fungsionaris harus bergerak. “Mari deklarasi ojo turu, karena kami meyakini Bapak Kelana mampu membuat Sidoarjo bermartabat dan rakyatnya sejahtera,” ucapnya.

Tekad Wakafkan Diri

OGAH CALON PKB: Sudarsono Rahman, Barikade Gus Dur tak akan mendukung calon PKB di PIlkada. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
OGAH CALON PKB: Sudarsono Rahman, Barikade Gus Dur tak akan mendukung calon PKB di PIlkada. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Dalam acara deklarasi tersebut, Kelana juga mendapat jas warna hijau seragam Barikade Gus Dur yang disematkan Ketua DPC Barikade Gus Dur Kabupaten Sidoarjo, H Moh Irfan.

“Saya betul-betul merasa terharu dan gemetar, sempat dibisiki Abah Masnuh (Ketua Tim Pemenangan, Haji Masnuh) anggota Barikade Gus Dur di Sidoarjo sudah lebih dari 4.000 orang,” kata Kelana.

Militansi Barikade Gus Dur, menurut Kelana, tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan tersebut sebagai motivasi dan semangat untuk pasangan Berkelas membangun Sidoarjo makmur.

“Saya bersama Bunda Astutik sudah bertekad mewakafkan diri untuk membangun Sidoarjo. Kemenangan ini akan menjadi kemenangan Barikade Gus Dur Sidoarjo dan seluruh masyarakat Sidoarjo,” ucapnya.

DUKUNGAN PENUH: Kelana Aprilianto disemati jas Barikade Gus Dur. Tanda dukungan di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
DUKUNGAN PENUH: Kelana Aprilianto disemati jas Barikade Gus Dur. Tanda dukungan di Pilbup Sidoarjo. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Pilbup Sidoarjo