Ngebut! Bawaslu Lamongan Lantik 4.502 Pengawas TPS

Pelantikan petugas Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Lamongan. | Barometerjatim.com/hamim anwar
Pelantikan petugas Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Lamongan. | Barometerjatim.com/hamim anwar

LAMONGAN, Barometerjatim.com – 4.502 orang dilantik Bawaslu Kabupaten Lamongan sebagai Petugas Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2019, 17 April mendatang.

“Jumlah 4.502 petugas PTPS yang dilantik sesuai dengan jumlah TPS Pemilu nanti yang ada di Kabupaten Lamongan,” terang Koordinator Divisi Organisasi, SDM dan Kehumasan Bawaslu Lamongan, Toni Wijaya saat dikonfirmasi Barometerjatim.com, Rabu (27/3/2019).

Pelantikan terhadap ribuan petugas PTPS berlangsung serentak, Senin (25/3/2019), di setiap kecamatan masing-masing dan dilaksanakan secara bergilir dalam sehari, mulai pagi hingga malam.

Toni menyebutkan, para petugas PTPS yang baru saja dilantik kemarin akan bertugas untuk mengawasi proses pelaksanaan pemiligan legislatif (Pileg) maupun pemilihan presiden (Pilpres) di setiap TPS yang akan berlangsung pada 17 April 2019 yang tinggal beberapa hari lagi.

“Tugas mereka berdasarkan pasal 114 UU Nomor 17 Tahun 2017, yaitu melakukan pengawasan Pemilu di TPS. Mulai persiapan dan pelaksanaan pemungutan suara, pengawasan persiapan dan pelaksanaan perhitungan suara, serta pengawasan pergerakan perhitungan suara dari TPS menuji PPS,” paparnya.

Dia juga menyampaikan, sebelum menjalankan tugas nantinya, para petugas PTPS akan diberikan pembekalan materi pengawasan dan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Bawaslu melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

“Setelah mereka dilantik, nanti akan diberikan pembekalan dan Bimtek pengawasan pemilu oleh Bawaslu maupun Panwascam,” tandas Toni. •

» Baca Berita Terkait Bawaslu Lamongan, Pemilu 2019