Terpilih Jadi Ketua IKA ITS Jatim, Eri Cahyadi Akan Pertajam Kolaborasi

| -
Terpilih Jadi Ketua IKA ITS Jatim, Eri Cahyadi Akan Pertajam Kolaborasi
IKA ITS JATIM: Eri Cahyadi terpilih sebagai Ketua IKA ITS Jatim 2023-2027. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) wilayah Jawa Timur, Sabtu (28/1/2023). Pemilihan berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Jatim, Jalan Genteng Kali 33 Surabaya, bersamaan dengan Musyawarah Wilayah IKA ITS Pengurus Wilayah (PW) Jatim 2023.

Usai terpilih, Eri mengatakan, IKA ITS harus bisa memberikan kontribusi untuk seluruh pemerintahan yang ada di Jatim. Sebab, menurutnya, ITS dilahirkan bukan hanya untuk mencetak lulusan sebagai pekerja, tetapi harus bisa menciptakan inovasi dan penyelesaian masalah.

"Ini menjadi tugas kita bersama sebagai IKA ITS. Maka dari itu, sebagai IKA ITS harus memberikan yang terbaik untuk kotanya masing-masing, khususnya untuk Jatim," kata Eri.

Setelah terpilih sebagai Ketua IKA Jatim, Eri akan bergerak cepat melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun infrastruktur. Dalam pembangunan itu akan melibatkan seluruh anggota IKA ITS, baik di dalam wilayah Surabaya maupun Jatim.

Langkah ke depan, yakni mengangkat nama ITS lebih tinggi sebagai lembaga, bukan untuk individu-individu. Selain itu, mengutamakan kolaborasi antara ITS, IKA ITS, dunia usaha, dan pemerintah untuk pembangunan yang lebih integral dengan memakai pilot project pembangunan Surabaya Raya dan Madura.

Salah satunya dengan cara memanfaatkan riset-riset ITS untuk pembangunan, serta dikolaborasikan dengan e-katalog agar lebih mudah dalam pemanfaatannya. Tak hanya itu, dia juga ingin berkontribusi meningkatkan daya saing mahasiswa ITS dengan program kolaborasi bersama dunia usaha dan pemerintah.

"Karena ITS dilahirkan hanya untuk memberikan kontribusi di kota ini, tapi juga negara. Saya yakin akan memberikan contoh yang terbaik, sesuai dengan tagline para senior kami adalah Jatim untuk Nasional," sebutnya.

Sementara itu Rektor ITS, Mochamad Ashari, turut mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Eri Cahyadi sebagai Ketua IKA ITS Jatim periode 2023-2027. Dia yakin, terpilihnya Eri bisa menjadikan IKA ITS Jatim lebih baik ke depannya.

"Kita lihat bersama, sebagai ketua yang baru, Pak Eri Cahyadi tidak ingin banyak teori, namun bekerja secara langsung. Saya harap ke depannya, khususnya para alumni ITS di Jatim akan membawa manfaat jauh lebih baik untuk masyarakat," ujar Ashari.

Selain Ashari, Ketua IKA ITS Jatim angkatan pertama, Ahmad Jaelani turut mendukung Eri. Jaelani percaya, di bawah kepemimpinan Eri akan membawa IKA ITS Jatim jauh lebih baik lagi.

"Sebagai senior di IKA ITS, saya yakin kepada Cak Eri. Kami akan selalu memberikan dorongan, agar IKA ITS bisa terus membawa kesejahteraan baik untuk kepentingan masyarakat maupun negara," ucapnya.{*}

» Baca berita terkait ITS. Baca tulisan terukur Andriansyah.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.