Mendagri: Soekarwo Letakkan Dasar Provinsi Berdaya Saing

HARI JADI KE-72 JATIM: Mendagri Tjahjo Kumolo saat Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim di Halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10). | Foto: Ist
HARI JADI KE-72 JATIM: Mendagri Tjahjo Kumolo saat Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim di Halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10). | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih Provinsi Jawa Timur tak lepas dari peran seorang pemimpin.

Gubernur Jatim, Soekarwo dinilai tak hanya mampu menjalankan tata kelola pemerintahan daerah dengan baik, tapi juga mampu menjaga harmonisasi hubungan dengan DPRD dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kepemimpinan di bawah Pakde Karwo mampu meletakkan dasar Jatim sebagai provinsi yang berdaya saing, dan mampu meningkatkan SDM untuk menunjang pembangunan secara nasional,” puji Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim di Halaman Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10).

• Baca: 5 Jurus Pakde Karwo Ungkit Perekonomian Jatim di 2018

Mendagri mengatakan, selama hampir sepuluh tahun gubernur mampu menjalin komunikasi yang baik dengan DPRD. Tak hanya itu, dukungan dan bantuan dari Sekda dengan OPD-nya serta bupati/walikota mampu membuat Jatim meraih berbagai penghargaan.

Dalam kesempatan ini, Mendagri atas nama Presiden Joko Widodo juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Pakde Karwo atas pengabdian dan dedikasinya dalam mengorganisir masyarakat Jatim. Sehingga, mampu memberi kontribusi positif terhadap pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang ada di Provinsi Jatim.

Tak hanya itu, kehadiran masyarakat dalam upacara Hari Jadi kali ini mencerminkan tingginya komitmen untuk bersatu dan bergotong royong membangun Jatim ke depan yang lebih baik.

• Baca: Di Hadapan Presiden, Pakde Karwo Curhat Soal Siswa Diniyah

Menurutnya, guyub-nya Jatim tergantung dari pimpinan dan masyarakatnya untuk bersama-sama mengorganisir dan membangun kebersamaan untuk kemaslahatan Jatim.

Peringatan Hari Jadi kali ini, lanjut Tjahjo, harus dijadikan sebagai momentum bagi para pengambil kebijakan untuk mengevaluasi capaian kinerja yang telah berhasil diraih Provinsi Jatim. Terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami yakin pemerintah Jatim akan mampu menyelesaikan agenda strategis nasional, program prioritas provinsi Jatim dan berbagai program yang menjadi janji politik gubernur, bupati/walikota sampai tingkat desa,” katanya.