Mendadak! Izin Lomba Burung Kicau ‘Khofifah-Emil’ Dibatalkan

IZIN DIBATALKAN: Izin lomba burung berkicau se-Jawa Timur di Pamekasan yang rencananya digelar pada Minggu (29/4) di Lapangan Benhur mendadak dibatalkan. | Foto: IST
IZIN DIBATALKAN: Izin lomba burung berkicau se-Jawa Timur di Pamekasan yang rencananya digelar pada Minggu (29/4) di Lapangan Benhur mendadak dibatalkan. | Foto: IST

PAMEKASAN, Barometerjatim.com – Panitia Briboz Cup ‘Khofifah-Emil’ tak habis pikir dan mengaku kecewa dengan pembatalan izin dari Polsek Pademawu, Pamekasan. Sedianya, lomba burung berkicau se-Jawa Timur itu digelar di Lapangan Benhur, Jalan Bonorogo, Pamekasan, Minggu (29/4).

Apalagi panitia sudah mengantongi izin kegiatan Nomor SI/29/IV/2018/Polsek tertanggal 3 April 2018. Namun pihak Polres Pademawu mendadak mengeluarkan pembatalan surat izin tertanggal 25 April 2018.

Alasan pembatalan, karena pada hari yang sama digelar event Burung Berkicau Kapolda Cup 2018 di Lapangan Makodam V Brawijaya. Karena itu diminta menciptakan kebersamaan dan satu persepsi dalam event bertajuk “Pilkada Damai, Jatim Bebas Hoax” tersebut.

• Baca: Loyalis Khofifah di Madura Mulai Bergerak dari Pamekasan

“Ya kami kaget, karena event ini kan sudah lama dipersiapkan. Mulai publikasi yang  sudah beredar, partisipan sudah banyak, dan kami tidak ingin menecewakan kicau mania yang sudah mempersiapkan material. Peserta sudah rampung semua, 2.000 lebih,” tutur Ketua Panitia Briboz Cup, Ahmad Ahsin Amali, Kamis (26/4).

Pihaknya juga heran mengapa hanya event di Pamekasan saja yang dibatalkan sementara di kabupaten lain tidak. “Kami sudah kroscek di beberapa tempat seperti Bangkalan, Sumenep, Sumenep maupun Ponorogo. Mereka tetap menyelenggarakan acara, tidak ada pembatalan,” katanya.

Karena itu, Aksin mencurigai pembatalan izin ini terkait dengan branding pasangan Cagub-Cawagub Jatim, Khofifah-Emil Dardak di acara tersebut. “Mungkin karena kegiatan ini dijadwalkan dihadiri Bu Khofifah, apalagi ini event tingkat Jatim,” katanya.

2000 Tiket Terjual

MENYOAL PEMBATALAN IZIN: Miftahul Kamil, tak ada yang salah kalau lomba burung berkicau di Pamekasan untuk branding Khofifah-Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
MENYOAL PEMBATALAN IZIN: Miftahul Kamil, tak ada yang salah kalau lomba burung berkicau di Pamekasan untuk branding Khofifah-Emil. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Menilik publikasi yang beredar, acara ini memang disiapkan untuk mem-branding Khofifah-Emil. Hal itu bisa dilihat mulai dari baliho hingga tiket acara menampilkan pasangan Cagub-Cawagub Jatim nomor urut satu tersebut.

Namun Ketua Loyalis Khofifah Pamekasan, Miftahul Kamil menegaskan, tidak ada yang salah kalau acara ini disiapkan untuk Khofifah-Emil. “Memang, kegiatan ini untuk branding Bu Khofifah dan tidak ada yang salah, tidak ada yang dilanggar. Dulu event ini kita siapkan untuk Pakde Karwo, sekarang untuk Bude Khofifah,” katanya.

Lagi pula, tambah Miftah, sejak awal pihaknya memang merangkul kicau mania dari seluruh kabupaten/kota di Jatim. Karena itu tidak berpengaruh pada kegiatan serupa di masing-masing daerah. “Meski di kabupaten lain ada kegiatan, mereka tetap mengirim perwakilannya,” tandasnya.

• Baca: Buka Kontes Karapan Sapi, Arumi Upayakan Piala Gubernur

Miftah sangat menyayangkan pembatalan ini, karena persiapan sudah final dan tinggal menggelar event. “Ini tiket sudah terjual habis, lebih dari 2.000 peserta, tiba-tiba  pihak Polsek memberikan surat pembatalan izin, kan lucu itu. Saya mencurigai pembatalan ini karena ada branding Bu Khofifah,” tandasnya.

Seharusnya, tambah Miftah, acara dibiarkan tetap berjalan yang penting ada pengamanan. “Kawan-kawan panitia ini kaget, karena sebulan lalu belum ada kegiatan lain di Surabaya, mendadak sekarang dipanggil dan dikasih surat izin pembatalan,” tuntasnya.