Menangi Pilkada, Dewanti Kalah di TPS Sendiri

TUMPENGAN: PDIP dan relawan Dewanti-Punjul menggelar syukuran di Kantor DPC PDIP Kota Batu di Jalan Raya Oro Oro Ombo, Rabu (15/2) malam. | Foto: Ist

BATU, Barometerjatim.com – Bertempat di Kantor DPC PDIP Kota Batu di Jalan Raya Oro Oro Ombo, Rabu (15/2) malam, pasangan nomor urut 2 Dewanti Rumpoko–Punjul Santoso menggelar jumpa pers sekaligus syukuran setelah memenangi Pilkada Batu versi hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei.

Mengacu quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI), pasangan yang diusung PDIP, Gerindra, Golkar dan PKS itu unggul dengan perolehan suara 44,10 persen. Sementara dari hasil real count SMS center PDIP mencatat perolehan suara 44,37 persen.

Quick count versi Pusat Studi Kewilayahan, Kependudukan dan Penanggulangan Bencana Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga memberikan hasil serupa: Dewanti-Punjul unggul sekitar 43 persen.

Perolehan suara istri Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko itu terpaut jauh dibandingkan tiga kandidat lainnya. Pasangan Rudy dan Sujono Djonet menyusul di posisi kedua dengan 21 persen, Abdul Majid-Kasmuri 17 persen dan Hairuddin-Hendra Angga Sonatha 16 persen. Sementara suara tidak sah mencapai 4 persen.

Hasil ini langsung disambut tim sukses Dewanti– Punjul dengan menggelar syukuran. “Tentunya kami bersyukur karena hasil perolehan suara selisihnya cukup tinggi dibandingkan pasangan calon lain,” ujar Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur, Dra Sri Untari MAP.

Meski dinyatakan menang versi quick count, Sri mengimbau para relawan agar merayakan secara sederhana bersama masyarakat. Pun saat rekapitulasi hitungan manual KPU nanti diharapkan berjalan dengan tertib dan lancar.

“Nanti saya minta kepada 113 anak ranting untuk melakukan syukuran bersama warga, karena kemenangan ini bukan hanya milik PDIP tapi juga masyarakat Kota Batu,” sambungnya yang didampingi Dewanti-Punjul.

Uniknya, kemenangan Dewanti-Punjul ternyata tak berbanding lurus dengan dukungan di wilayahnya sendiri. Buktinya di TPS 22 Kelurahan Pesanggrahan, tempat Dewanti mencoblos, suaranya justru kalah dari calon nomor urut 3, Hairuddin-Hendra Angga.

Di TPS 22, Dewanti meraih 112 suara sedangkan Hairuddin meraup 115 suara. Disusul pasangan Majid-Kasmuri memperoleh 35 suara dan Rudi S-Djonet 20 suara.

Kekalahan di TPS sendiri juga dialami Abdul Majid dan Hairuddin. Majid yang mencoblos di TPS 4 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, hanya mengantongi 83 suara. Hasil suaranya kalah jauh dari Dewanti yang meraup 127 suara. Di posisi ketiga, diraih Hairuddin dengan 28 suara dan pasangan Rudi-Djonet di TPS 4 hanya mendapat 22 suara.

HASIL QUICK COUNT LSI (DENNY JA)

  1. H Rudy dan Sujono Djonet (PAN, Hanura dan Nasdem) – 20,6%
  2. Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso (PDIP Gerindra, Golkar dan PKS) – 44,10%
  3. Hairuddin dan Hendra Angga Sonatha (PKB dan Demokrat) – 17,31%
  4. Abdul Madjid dan Kasmuri Idris (Perseorangan) – 17,9%