Masih Corona, Penyembelihan Kurban di Jatim Turun 10%!

TURUN AKIBAT CORONA: Penyembelihan hewan kurban di Jatim turun 10 persen akibat pandemi Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH
TURUN AKIBAT CORONA: Penyembelihan hewan kurban di Jatim turun 10 persen akibat pandemi Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung melandai, membuat penyembelihan hewan kurban di Jatim pada Idul Adha tahun ini diperkirakan turun 10 persen.

“Tahun ini kita prediksi ada penurunan pemotongan hewan kurban sekitar 10 persen, dari total penyembelihan tahun lalu sebanyak 374.681 ekor,” kata Plt Kepala Dinas Peternakan Jatim, Gunawan Saleh, Senin (19/7/2021).

“Tahun lalu penyembelihan hewan kurban juga mengalami penurunan sebesar 10 persen,” tandas pejabat yang juga kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim tersebut.

Gunawan menyebut, stok hewan kurban di Jatim mencapai lebih dari 4,1 juta ekor. Rinciannya, sapi 1.077.068 ekor, kambing 2.210.226 ekor, dan domba 914.766 ekor.

Sementara terkait distribusi hewan kurban, Gunawan telah mengkoordinasikannya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim dan pihak kepolisian agar tetap bisa melintas. Khususnya sapi yang akan dikirim antardaerah di Jatim.

“Jadi pengiriman antardaerah dalam Provinsi Jatim, bukan dari provinsi lain. Ini karena di dalam provinsi Jatim sendiri, populasi sapi kita sudah surplus sehingga memang tidak diperbolehkan mengambil sapi dari provinsi lain,” ucapnya.

» Baca Berita Terkait Idul Adha