Malam Tahun Baru Islam, 1.500 Warga NU Paciran Turun Jalan

SAMBUT TAHUN BARU ISLAM: Warga NU Paciran menggelar kirab di malam Tahun Baru Islam. | Foto: IST
SAMBUT TAHUN BARU ISLAM: Warga NU Paciran menggelar kirab di malam Tahun Baru Islam. | Foto: IST

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah, berlangsung meriah di seluruh pelosok Kabupaten Lamongan. Tak terkecuali di Paciran.

Di desa paling utara di kabupaten berjuluk Kota Soto tersebut, sekitar 1.500 warga Nahdlatul Ulama (NU) menggelar kirab ta’aruf, Sabtu (31/8/2019) malam.

“Dalam kegiatan ini kita mengambil tema: Tebarkan benih kebaikan, menjadi jiwa baru dalam kebaikan,” kata panitia acara, Farihi.

Menariknya, di perjalanan, kafilah NU berpapasan dengan kafilah Muhammadiyah Paciran yang juga menggelar kirab 1 Muharram 1441 Hijriyah.

Meski dua Ormas keagamaan yang berbeda, keduanya tetap menunjukkan sikap yang santun dan damai, menebarkan kebesaran Islam di tengah warga masyarakat yang menonton kegiatan.

Kegiatan dibuka Ketua Pimpinan Ranting NU Paciran, Abdullah Ma’shum. Dalam sambutannya dia mengingatkan kembali makna hijrah bagi umat Islam.

“Hijrah sesungguhnya memiliki makna meningkatnya kapasitas dan integritas kita sebagai pribadi, sebagai hamba Allah, dan sebagai warga bangsa,” katanya.

Sementara KH Abdul Ghoni, tokoh masyarakat Desa Paciran berharap agar tahun mendatang kegiatan semacam ini digelar secara gabungan seluruh Ormas.

“Event syiar Islam ini hendaknya ke depan bisa digelar serentak dengan semua Ormas Islam yang difasilitasi Pemdes, sehingga akan lebih meriah lagi dalam mensyiarkan Islam di Paciran,” pintanya.

» Baca Berita Terkait Lamongan, NU