Layanan Canggih Grand Dafam, Cukup Pencet Remote TV

CUKUP PENCET REMOTE: Christina Helen menunjukkan layanan berbasis digital di Grand Dafam Surabaya Hotel. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI
CUKUP PENCET REMOTE: Christina Helen menunjukkan layanan berbasis digital di Grand Dafam Surabaya Hotel. | Foto: Barometerjatim.com/WIRA HARLIJADI

SURABAYA, Barometerjatim.com – Inovasi dalam memberikan layanan tamu terus dilakukan hotel berbintang di Surabaya. Pendekatan teknologi berbasis platform aplikasi menjadi pilihan, seperti yang diterapkan di Grand Dafam Surabaya Hotel.

Hotel bintang empat plus ini menggunakan konsep informasi berbasis digital. Lewat teknologi ini, tamu yang menginap akan mengetahui seluruh informasi hingga order menu makanan, cukup dengan memencet remote televisi.

Televisi di masing-masing kamar terhubung dengan sistem IT dengan berbagai fasilitas yang ada di hotel. Mulai dari restoran, resepsionis, hingga fasilitas lain seperti gym.

• Baca: ADPI: Jatim Motor Penggerak Distributor Pupuk Bersubsidi

“Ketika sudah mengorder dengan memencet pada remote, para tamu akan meng-confirm resepsionis via telepon,’’ terang Christina Helen, public relations Grand Dafam Surabaya Hotel, Minggu (4/11).

Sistem ini dikatakan Helen sudah ada di 172 kamar yang ada di 21 lantai. Menurutnya, konsep tersebut lebih mengedepankan sisi teknologi.

Helen menambahkan, cara menggunakan teknologi tersebut diajarkan ketika tamu check in. Sehingga ketika sudah masuk ke kamar langsung bisa difungsikan.

• Baca: Rabobank Siapkan Rp 1,5 M untuk Petambak Udang Jatim

Selain itu, penggunaan aplikasi lebih menekankan pada kampanye untuk mengurangi penggunaan kertas. “Lebih mengedepankan teknologi,” terang alumnus Sastra Inggris, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tersebut.

Ke depan, lanjut Helen, konsep IT ini terus dikembangkan sehingga tidak hanya pada TV digital yang tersambung tapi juga berlaku pada ruang meeting dan rapat.

“Cukup klik maupun swipe pada layar sudah bisa beroperasi,” jelas Helen yang mantan reporter televisi nasional itu.

» Baca Berita Terkait Ekonomi, Bisnis, UMKM