Latma Rimpac 2018, Dua KRI Buatan Indonesia Diterjunkan

LATMA RIMPAC: Latma Rimpac 2018, ratusan prajurit dan dua kapal perang RI turut dilibatkan. | Foto: Ist
LATMA RIMPAC: Latma Rimpac 2018, ratusan prajurit dan dua kapal perang RI turut dilibatkan. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Latihan bersama antara TNI Angkatan Laut (AL) dengan negara-negara dunia kembali digelar. Bertajuk Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim Of The Pasific (Rimpac) 2018, ratusan prajurit dan dua kapal perang RI turut dilibatkan.

Latihan yang digelar di Honolulu, Amerika Serikat tersebut diikuti 23 negara peserta. Ada 42 kapal permukaan dan lima kapal selam yang ikut ambil bagian. TNI AL sendiri mengirimkan KRI Martadinata dan KRI Makassar.

“KRI ini merupakan buatan anak negeri. Ini sekaligus menyampaikan pesan bahwa kapal perang buatan Indonesia tak kalah dengan buatan negara lain,” terang Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji saat melepas keberangkatan Satgas Rimpac 2018 dari Dermaga Madura Koarmada II Surabaya. Rabu, (30/5).

• Baca: Tiba dari Korsel, KRI Ardadedali 404 Perkuat Koarmada II

Selain mengirimkan dua KRI, personel dengan kemampuan tempur juga diikutsertakan. Yakni dua tim satuan  Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan 215 marinir serta ratusan prajurit Armada II.

’’Adanya Latma ini diharapkan mampu menambah keahlian tempur serta profesionalitas prajurit TNI AL,’’ ujar Siwi.

Keikutsertaan Indonesia dalam Latma Rimpac sudah sejak 2008 sebagai observer. Pada 2010 memulai mengirimkan pasukan marinir untuk bergabung dalam latihan.

Di tahun 2014, Indonesia mengirimkan satu LPD KRI Banda Aceh, 200 pasukan marinir dan Ranpur LVT 7. Lalu di 2016 Indonesia mengirimkan KRI Diponegoro dan satu SST marinir sebanyak 45 orang.