Langkah Aman Yakuhimo, Kejutan Kaimana

KERJA KERAS: Jimmy Rumbekwan (kanan) kelabakan menghadang pergerakan bek sayap Perseka Calvin Mario Hegemuri yang rajin membantu serangan. | Foto: Barometerjatim.com/EPE JAYANEGARA

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Laga fase penyisihan Grup 8 Liga 2 mulai digeber di Stadion Gelora delta Sidoarjo, Senin (10/7). Meladeni satu-satunya tim non Papua, Persbul Buol Sulawesi di jam pertama, Rayos Kobax di menit ke-39 sukses memberi kemenangan Yakuhimo FC. Hasil ini menebar psywar kontestan lain jika tim berjuluk Badai Salju itu layak diperhitungkan.

“Kami punya ambisi melangkah jauh di kompetisi ini. Meski tidak bermain di depan pendukung kami, kemenangan ini jadi pelipur. Saya yakin anak-anak bisa bermain lebih baik di laga-laga selanjutnya,” kata pelatih Yahukimo FC, Ungky Prasetio usai pertandingan ketika disinggung arti tiga poin perdana tersebut.

• Baca:Grup 8 Liga 2 Indonesia, Atmosfer Papua Rasa Jawa

Berbeda dengan sistem di grup lain, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator memang menerapkan peraturan berbeda untuk Grup 8. Setiap tim hanya bertemu satu kali. Karena itu, poin yang didapat dari setiap pertandingan akan sangat berarti.

“Ada jeda tiga hari sebelum kami bermain lagi lawan Persiwa. Saya berharap kondisi tim tetap siap tempur,” sambung Ungky.

Kejutan Besar

LOLOS: Kendati mendapat gangguan dari pemain bertahan Persbul, Rayos Kobax sulit dibendung sebagai mesin gol Yahukimo FC. | Foto: Barometerjatim.com/EPE JAYANEGARA

Sementara di pertandingan kedua, kick-off pukul 18.00 WIB, kejutan besar terjadi. Persiwa Wamena yang berambisi kembali menapak ke kasta elit secara tragis dihantam Perseka Kaimana 2 gol tanpa balas. Kekalahan ini membuat Yesaya Desnam dkk harus rela menempati posisi paling buncit.

“Ini hasil di luar perkiraan. Saya akan segera mengevaluasi lini bertahan sebelum lawan Yahukimo nanti,” dalih pelatih Persiwa, Djoko Susilo.

• Baca: Matras Dojo Karateka, ‘Palagan’ Baru Mantan Pangdam

Dua gol kemenangan Perseka disumbang gelandang serangnya Iqbal Bahari (menit 36 dan 56). Terkait hasil memuaskan ini, pelatih sekaligus manajer tim Ruben Rumbrawer mengaku cukup puas.

“Tidak sia-sia kami melakukan persiapan panjang. Persiwa tim kuat dan kita sudah melalui rintangan awal ini. Semoga penampilan anak-anak terjaga hingga lolos ke babak selanjutnya,” sebutnya.