Kubu Jokowi Andalkan Duet Khofifah-Pakde Karwo di Jatim

DUET KHOFIFAH-PAKDE KARWO: Khofifah dan Pakde Karwo jadi andalan kubu Jokowi untuk memaksimalkan marking area di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/DOK/ROY HASIBUAN
DUET KHOFIFAH-PAKDE KARWO: Khofifah dan Pakde Karwo jadi andalan kubu Jokowi untuk memaksimalkan marking area di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/DOK/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Lembaga Kajian Kebijakan Independen PARA Syndicate mencatat, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin menurun selama periode Agustus hingga November 2018. Sebaliknya, Prabowo-Sandiaga naik. Kesimpulan itu hasil analisis dari survei 12 lembaga.

Melihat situasi tersebut, Ketua DPP Partai Nasdem, Surya Paloh menuturkan pihaknya tetap optimistis dan akan menerapkan marking area untuk memaksimalkan dukungan, sekaligus menaikkan kembali tren elektabilitas Jokowi-Ma’ruf.

“Marking area itu penting, itu adalah pengalaman saya. Insyaallah, barangkali niat baik, pikiran-pikiran baik, pengorganisasian, terkonsolidasi secara baik. Optimisme saya masih kuat,” katanya di Surabaya, Sabtu (15/12).

• Baca: Surya Paloh Ungkap Komitmen Pakde Karwo Dukung Jokowi

Marking area, menurut Surya, akan diterapkan di masing-masing zona dengan mengandalkan tokoh-tokoh berpengaruh. Di Jatim, kubu Jokowi-Ma’ruf mengandalkan duet Khofifah Indar ParawansaSoekarwo alias Pakde Karwo.

“Di sini (Jatim) ada Mbak Khofifah, Pakde Karwo, ada lagi tokoh-tokoh kiai-kiai Langitan kita, ditambah kawan-kawan yang lain,” katanya.

Apakah Kiai Ma’ruf juga akan turun ke Jatim untuk memaksimalkan penggalangan suara, khususnya dari warga Nahdlatul Ulama (NU)?

• Baca: 2019, Pemilu Paling Bikin Surya Paloh Cemas! Ada Apa?

“Kalau ke Jatim silakan. Tapi kalau ada daerah lain yang membutuhkan prioritas kedatangan Kiai Ma’ruf? Kira-kira begitu,” ucapnya.

Saat dipertegas soal dukungan Pakde Karwo ke Jokowi-Ma’ruf, Surya balik mempertegas, “Dia bikin pernyataaan mendukung Jokowi kan? Lho bagaimana!” sergahnya.

Bukankah selama ini Pakde Karwo belum terbuka dalam mendukung Jokowi? “Pakde Karwo itu kan biasa, kadang-kadang pakai kumis begini, gitu kan!” kata Surya tersenyum sambil sedikit memutar kumisnya.

Pakde Sepakat ke Jokowi

KEMBALI UNGKAP DUKUNGAN PAKDE KARWO: Surya Paloh, Pakde Karwo sudah sepakat mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KEMBALI UNGKAP DUKUNGAN PAKDE KARWO: Surya Paloh, Pakde Karwo sudah sepakat mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Surya menambahkan, antara dirinya dengan Pakde Karwo sudah ada kesepakan untuk memenangkan Jokowi, khususnya di Jatim. “Kita sudah ketemu di Rakernas yang lalu kan? Targetnya bahkan besar gitu, 70 persen,” tukasnya.

“Waktu itu saya bilang: Kita bertemen nih Pakde, temanan kita bahkan lebih dari 40 tahun. Zaman muda sekarang menua nih. Ah saya percayalah sama Pakde,” katanya.

Sebelumnya, dukungan Pakde ke Jokowi juga diungkap Surya saat menyampaikan pidato pada Apel Siaga Pemenangan Partai Nasdem Jatim di JX International, Surabaya, 28 Oktober 2018.

• Baca: Kubu Jokowi: Yenny Wahid Lebih Berpengaruh dari Gus Irfan Dkk

Memang, hingga kini Pakde Karwo belum terbuka soal dukungannya ke Jokowi. Namun lewat orang dekatnya, Koordinator Relawan Jo-Wo (Jokowi-Ma’ruf-Pakde Karwo), Martono memastikan gubernur Jatim itu akan terbuka setelah pensiun.

Sementara Khofifah tak hanya konsentrasi di Jatim, tapi di seluruh Indonesia bahkan luar negeri dalam memenangkan Jokowi-Ma’ruf Amin lewat Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

» Baca Berita Terkait Khofifah, Pakde Karwo