Konferwil IPNU Jatim, Kandidat Ketua Mengerucut 3 Nama

| Ilustrasi: IST

BANYUWANGI, Barometerjatim.com – Konferensi Wilayah (Konferwil) XXII Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim dibuka Jumat (3/7) hari ini di Kampus Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng, Banyuwangi.

Selama tiga hari hingga Minggu (5/8), perwakilan pelajar NU se-Jatim akan membahas banyak hal, termasuk revolusi industri 4.0 hingga adu beragam gagasan dan dipungkasi dengan pemilihan ketua periode 2018-2021.

Persaingan kandidat ketua mulai terasa ketat, bahkan sudah mengerucut pada tiga nama. Yakni Ahmad Wasil (Sumenep), Moh Yahya Muzakki (Banyuwangi) dan Choirul Mubtadi’in (Blitar).

• Baca: Kandidat Ketua IPNU Jatim: Konferwil Ajang Tarung Gagasan

Dari ketiga nama, Wasil dinilai kandidat terkuat. Ketua PC IPNU Sumenep periode 2015-2017 itu, bahkan disebut-sebut sudah mengantongi dukungan 17 suara dari 42 cabang di Jatim.

Ketua PC IPNU Sampang, Muhammad Ibas optimistis dukungan untuk Wasil akan terus bertambah. Terbaru, sembilan suara se-Tapal Kuda yang diklaim merapat ke Yahya disebutnya pecah, dua di antaranya menyatakan dukungan ke Wasil.

“Dua Cabang di Tapal Kuda sudah punya komitmen yang sama, mendukung rekan Ahmad Wasil,” kata Ibas di Surabaya sesaat sebelum bertolak ke Banyuwangi, Kamis (2/7) sore.

• Baca: IPNU Jatim Ajak Pelajar Tak Viralkan Berita Hoax

Sedangkan Ketua PC IPNU Kabupaten Mojokerto, Shofi menyebut dukungan 17 cabang tersebut berasal dari masing-masing zona. “Mulai Madura, Pantura, Mataraman, Metropolis dan Tapal Kuda,” ujarnya.

Soal alasan dukungan, Ketua PC IPNU Bawean, Kholis menambahkan, Wasil dinilai sebagai sosok yang memiliki manajemen kepemimpinan yang baik serta jejaring kuat.

“Manajemen kepemimpinan yang baik diperlukan agar roda organisasi berjalan sesuai perkembangan zaman, dan kader-kader IPNU mamiliki daya saing di setiap sektor,” tadas Kholis.