Kondisi Membaik, Kabar Basofi Meninggal Hoax

HOAX MENINGGAL: Mantan Gubernur Jawa Timur, Basofi Sudirman, di-hoax-kan meninggal dunia. | Foto: Ist

SURABAYA, Barometerjatim.com – Inilah salah satu hal yang mengerikan dari media sosial: Hoax alias kabar bohong. Sedihnya, seorang tokoh yang tengah sakit bukan diviralkan agar kondisinya membaik, tapi di-hoax-kan meninggal dunia.

Sepanjang hari ini, Senin (8/5), giliran Basofi Sudirman menjadi korban. Mantan gubernur Jatim yang tengah menjalani perawatan karena sakit dikabarkan meninggal dunia dan menyebar di media sosial.

Karuan saja hoax ini langsung dibantah keluarga maupun orang dekat Basofi. Terlebih saat ini kondisi gubernur Jatim di era 1993-1998 ini semakin membaik setelah beberapa hari dirawat di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

• Baca: Siapkan Rp 125 M, HKTI Jatim Bangun 25 Ribu RPK

“Kabar yang menyebutkan mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman telah tutup usia itu adalah hoax. Ini saya sekarang ada di sini (RS Abdi Waluyo, red) bersama Pak Basofi,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan, Lies Idawati saat dikonfirmasi wartawan melalui ponselnya.

Mantan Kabag Rumah Tangga Biro Umum di era Basofi itu juga memastikan kondisi pelantun tembang ‘Tidak Semua Laki-laki’ tersebut semakin membaik. “Pak Basofi semakin membaik, hoax jika ada kabar beliau meninggal,” tegasnya.

Pernyataan sama disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Jatim, Benny Sampir Wanto. Dia mengkonfirmasi jika informasi meninggalnya Basofi adalah hoax. Namun dengan alasan menghormati privasi pasien, Benny enggan merinci sakit yang diderita Basofi.