Koalisi di Pilwali, Sadad: Tak Ada Partai Haram bagi Gerindra!

MASIH CAIR: Anwar Sadad, Gerindra siap koalasi dengan Parpol apapaun di Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
MASIH CAIR: Anwar Sadad, Gerindra siap koalasi dengan Parpol apapun di Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Para kandidat di Pilwali Surabaya 2020 bermunculan bak cendawan di musim hujan. Terbaru, mantan Jubir Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019, dokter Gamal Albinsaid declare maju.

Lantas, bagaimana dengan peta koalisi Parpol? Dari 10 Parpol pemilik kursi di DPRD Surabaya, hanya PDIP yang bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi karena bermodal 15 kursi dari syarat minimal 10 kursi.

Namun Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad menegaskan, peta koalisi di Pilwali Surabaya 2020 masih sangat cair dan Parpolnya siap berkoalisi dengan Parpol apapun.

“Semua masih cair. Gerindra siap berkoalisasi dengan partai apapun. Tidak ada partai yang haram bagi Gerindra, semuanya halal!” ucapnya saat dihubungi Barometerjatim.com, Selasa (3/12/2019).

Di sisi lain, Gerindra menyambut baik munculnya Gamal. “Bagus! Munculnya nama dokter Gamal sudah sejak beberapa waktu lalu, di-endorse oleh Pak Sandiaga,” ujar politikus yang juga wakil ketua DPRD Jatim itu.

Soal pengakuan Gamal yang menyebut telah berkomunikasi dengan Gerindra, Sadad tak memungkiri. “Dokter Gamal sudah menyatakan keinginannya untuk maju, juga sudah berkomunikasi dengan DPC dan DPD,” ungkapnya.

Sadad memandang komunikasi tersebut sebagai langkah positif, karena Gerindra juga berkepentingan untuk memunculkan dan memilih figur terbaik bagi kota sekompleks Surabaya.

“Surabaya ini kota dengan tingkat heterogenitas yang tinggi, baik secara ekonomi, kultur, sosial, agama dan sebagainnya,” kata politikus yang masih keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, tersebut.

“Karena itu (Surabaya) punya tingkat ‘kerumitannya’ sendiri, yang hanya bisa diurus dengan baik oleh figur yang ‘extraordinary’,” imbuhnya.

Apakah itu artinya Gamal berpeluang diusung Gerindra di Pilwali Surabaya 2020? “Pasti ada peluang. Apalagi tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, secara internal baru sampai di tingkat provinsi,” katanya.

Sadad juga sudah menginstruksikan kepada ketua DPC, jika Gamal mendaftar di Gerindra tetap diterima dengan catatan. “Catatannya berbunyi mendaftar setelah masa pendaftaran ditutup,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Gerindra