Kamis, 07 Juli 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Khofifah Tawari Santri-Alumni Salafiyah Syafi’iyah Masuk Kampus UMKM Shopee, Begini Kata Pengasuh!

Berita Terkait

MUBES IKSASS: Pembukaan Musbes X Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi'iyah (IKSASS) di Sukorejo, Situbondo. | Foto: Barometerjatim.com/IST
MUBES IKSASS: Pembukaan Musbes X Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS) di Sukorejo, Situbondo. | Foto: IST
- Advertisement -

SITUBONDO, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menawarkan program pemberdayaan ekonomi dengan penguatan ekonomi digital kepada alumni dan santri Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo.

Caranya? Masuk Kampus UMKM Shopee di Malang. Kampus yang diresmikan Khofifah pada 12 April 2022 itu hasil kerja sama salah satu raksasa platform belanja online tersebut dengan Pemprov Jatim.

“Sekarang Pemprov Jatim bekerja sama dengan Shopee telah memiliki Kampus UMKM Shopee di Malang dan itu free atau gratis,” katanya saat menghadiri pembukaan Musyawarah Besar (Musbes) X Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah (IKSASS), Kamis (9/6/2022) sore.

“Silakan IKSASS mengirimkan satu angkatan terdiri dari 40 orang yang akan menjalani pelatihan selama tiga bulan. Formatnya dengan menguatkan ekonomi digital berbasis UMKM,” sambungnya.

Khofifah menjelaskan, di dalam program Kampus UMKM Shopee nantinya para peserta mendapat berbagai macam pelatihan yang kurikulumnya telah disiapkan oleh Shopee.

Mulai dari pelatihan Business 101, cara memotret barang yang baik untuk tujuan digital market, hingga cara pemasaran live streaming yang semuanya diberikan secara gratis.

“Misalnya IKSASS akan mengirimkan tim belajar proses pemasaran, insyaallah selesai itu akan bisa masuk pada jaringan Shopee yang punya pasar di 38 negara di dunia,” ujarnya.

Tawarannya kepada IKSASS, tandas Khofifah, berkenaan dengan peran ekonomi pesantren dalam mewarnai peradaban dunia.

Selebihnya, Khofifah optimistis Musbes ke-10 ini bisa menjadi momen untuk menggali seluruh potensi yang dimiliki pesantren. Terlebih Salafiyah Syafi’iyah telah berumur lebih satu abad.

Menurut Khofifah, para pendiri dan pengasuh telah banyak mengajarkan dan mencontohkan berbagai kegiatan ekonomi memberseiringi kegiatan pendidikan agama dan dakwah di pesantren, yang saat ini telah berjejaring di seluruh wilayah Indonesia dan berbagai negara lain.

Ditawari Khofifah bergabung dengan Kampus UMKM Shopee, apa reaksi Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi’yah, KHR Ach Azaim Ibrahimy? “Silakan usulan-usulan yang diberikan oleh Ibu Gubernur agar bisa dimasukkan dalam musyawarah,” katanya.

Dia meyakini para anggota IKSASS sangat cemerlang dan cerdas. Sehingga nantinya musyawarah ke-10 ini bisa menghasilkan putusan-putusan yang terus membawa kebangkitan bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

» Baca berita terkait UMKM. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -