Khofifah-Emil Tepat Waktu, Gus Ipul-Puti Terlambat 1,5 Jam

YANG DISIPLIN & YANG TERLAMBAT: Khofifah-Emil (kiri) datang tepat waktu sementara Gus-Ipul Puti terlambat 1,5 jam saar Deklarasi Kampanye Damai yang digelar KPU Jatim diSurabaya, Minggu (18/2). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
YANG DISIPLIN & YANG TERLAMBAT: Khofifah-Emil (kiri) datang tepat waktu sementara Gus-Ipul Puti terlambat 1,5 jam saar Deklarasi Kampanye Damai yang digelar KPU Jatim diSurabaya, Minggu (18/2). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Bagaimana mau memimpin dan memakmurkan masyarakat Jawa Timur, kalau urusan menjaga disiplin diri sendiri saja belum selesai. Akibat paslon tak disiplin waktu, acara Deklarasi Kampanye Damai yang digelar KPU Jatim di halaman parkir Giant Maspion Square, Surabaya, Minggu (18/2), harus molor hampir dua jam dari jadwal.

Ulah tak tidak disiplin waktu tersebut ditunjukan pasangan Cagub-Cawagub Nomor Urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Keduanya baru tiba di lokasi acara pukul 09.30 WIB dari jadwal pukul 08.00 WIB. Sebaliknya Cagub-Cawagub Nomor Urut 1, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak on time. Pukul 09.49 WIB acara baru dimulai.

Khofifah-Emil berangkat dari Rumah Aspirasi di Jalan Dipenogoro pukul 07.30 WIB dengan menaiki truk terbuka. Setibanya di lokasi, sempat diarak menggunakan mobil hias sebelum keduanya bersama rombongan menempati deretan kursi di sisi kiri panggung utama.

• Baca: Ribuan Pendukung Khofifah-Emil ‘Selimuti’ Massa Gus Ipul-Puti

Kontras dengan deretan kursi di sisi kanan panggung utama yang tampak kosong karena pasangan Saifullah (Gus Ipul)-Puti baru datang 1,5 jam kemudian. Sejumlah orang yang hadir pun menggerutu, “Sido opo gak iki acarae. Durung opo-opo kok gak tertib  (Jadi apa enggak ini acaranya, belum apa-apa kok tidak disiplin),” katanya.

Terkait keterlambatan yang panjang ini Ketua Tim Pemenangan Saifullah-Puti, Hikmah Bafaqih berdalih karena ada pembelokan jalur oleh petugas kepolisian.

“Sebenarnya berangkatnya sudah pagi, tapi kita dibelokkan jauh ke arah Bonbin (Kebun Binatang Surabaya), kata polisi khawatir bentrok dengan pendukung KIP (Khofifah). Mana di tengah jalan sempat macet di beberapa titik,” katanya.

• Baca: Total! PAN Persembahkan Saksi Terlatih untuk Khofifah-Emil

Tak hanya terlambat datang, pasangan Saifullah-Puti juga ‘menodai’ durasi perform tim paslon. Sesuai ketentuan panitia (EO KPU Jatim), jatah waktu unjuk aksi untuk masing-masing tim yakni 15 menit, namun tim Saifullah-Puti melakukan perform hingga 23 menitan.

Apalagi Saifullah dan Puti sempat menyampaikan pidato di sesi perform tim yang seharusnya ada sesi pidato tersendiri untuk paslon. Kondisi ini membuat beberapa pendukung Khofifah-Emil mengingatkan EO KPU Jatim soal durasi waktu. “Durasi!” katanya. Sebagian lagi mengingatkan, “Waktu sudah habis. Jam-jam!”

Meski merasakan perlakukan tak adil, tim Khofifah-Emil tetap berjiwa besar. Menjaga kampanye damai yang digelar KPU Jatim tetap berlangsung aman dan lancar hingga akhir acara.