Jumat, 02 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Keturunan Gubernur Suryo Ikut Penjaringan Demokrat

Berita Terkait

AMBIL FORMULIR: Kombes Pol Syafiin saat mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Jalan Kertajaya Indah, Surabaya, Jumat (21/7). | Foto: Barometerjatim.com/BAYAN AR
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Satu lagi kandidat calon gubernur mengikuti penjaringan lewat Partai Demokrat Jatim. Dialah Analis Kebijakan Madya Bidkum Mabes Polri, Kombes Pol Syafiin. Perwira polisi aktif ini merupakan keturunan langsung Gubernur Jatim pertama, Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo alias Gubernur Suryo.

Nama Syafiin memang kurang akrab terdengar di telinga masyarakat Jatim, bahkan tak pernah muncul di hasil survei. Namun mantan Kabiro Umum Sekretariat Negara (Setneg) RI itu mengklaim memiliki kedekatan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Ketum DPP Partai Demokrat.

“Saya lama mendampingi Pak SBY, saat beliau menjadi presiden selama 10 tahun,” katanya usai mengambil formulir di kantor DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Jalan Kertajaya Indah, Surabaya, Jumat (21/7). “Mohon doa restunya, saya ingin menghabiskan sisa hidup dengan mengabdi untuk masyarakat di Jatim.”

• Baca: Konstituen Bakal Pecah Jika Demokrat Tak Usung Khofifah

Syafiin menuturkan, dirinya memang sudah lama ingin pulang kampung karena sudah 25 tahun mengabdi bersama enam kepala negara di lembaga kepresidenan. Kini dengan misi running di Pilgub Jatim 2018. “Ini saya pulang kampung,” katanya.

Untuk membuktikan keseriusannya, perwira polisi kelahiran Jombang yang akrab disapa Gus Syaf itu mengaku akan segera mengembalikan formulir pendaftaran tersebut pada 29 Juli 2017, atau sehari menjelang penutupan penjaringan Demokrat.

Lima Pendaftar

Bagi Syafiin, pengganti Gubernur Soekarwo harus mampu membangun Jatim lebih baik lagi. “Jatim itu provinsi khusus karena multietnis dan barometer politik nasional. Saya ingin Jatim tetap aman dan kondusif, tidak ada PHK buruh dan pertumbuhan ekonomi meningkat. Semoga Allah merestui langkah saya,” harapnya.

Demi mencapai harapan itu, katanya, pemimpin Jatim mendatang butuh orang yang visioner. Hal ini agar bisa melanjutkan pembangunan yang dilakukan Soekarwo selama dua periode memimpin. “Jangan sampai Jatim mengalami kemunduran karena pengganti Pakde Karwo (Soekarwo) yang tidak visioner,” tegasnya.

• Baca: Petinggi Golkar: Survei Tak Unggulkan Khofifah, Itu Palsu

Dalam penjaringan Demokrat, Syafiin merupakan kandidat kelima yang mendaftar sejak dibuka 12 Juli lalu. Mereka yang lebih dahulu mendaftar, secara berurutan, yakni Wagub Jatim, Saifullah Yusuf; Waketum Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf; Inspektur Jatim, Nurwiyatno; dan Ketua Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -