Ketuanya Dukung Khofifah, Utusan IKA FISIP Solid ke DON!

KHAS GENERASI MUDA: Dimas Oky Nugroho, tampil tangguh khas generasi muda. Modal sebagai ketua IKA UA. | Foto: IST
KHAS GENERASI MUDA: Dimas Oky Nugroho, tampil tangguh khas generasi muda. Modal sebagai ketua IKA UA. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Entah apa yang terjadi di internal Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IKA FISIP) Universitas Airlangga (UA/Unair) Surabaya.

Jelang pemilihan Ketua Umum IKA Unair, Ketua IKA FISIP Unair Surabaya, Andik Fadjar Tjahjono mendadak mengeluarkan pernyataan sikap mendukung calon yang juga Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Padahal, Komisariat IKA FISIP sudah mengusung Tim Ahli Menteri Bidang Perekonomian RI dan Direktur Akar Rumput Strategic Consulting, Dimas Oky Nugroho (DON).

Meski mendukung Khofifah, Andik yang Sekretaris DPRD Jatim itu menuturkan, mandat dan hak DON sebagai calon ketua umum IKA Unair tetap berjalan sesuai tata tertib dan mekanisme organisasi.

Apa yang sebenarnya terjadi di internal IKA FISP Unair? “Andik sebagai Ketua IKA FISIP Unair berhak menyatakan sesuatu selaku ketua. Hal lebih detail silakan tanyakan kepada yang bersangkutan,” kata Sekretaris Umum IKA FISIP Unair, Awan Tjatur Perkasa, Sabtu (3/7/2021).

Sedangkan soal pencalonan DON yang diusulkan IKA FISIP, terang Awan, sesuai amanat yang diberikan DON tetap diusung IKA FISIP Unair.

“Utusan akan tetap solid sesuai arahan. Bahkan, kami berharap DON akan dapat diterima dan mendapat dukungan dari utusan-utusan kongres yang lain, setelah banyak mengenal DON melalui kegiatan kampanye yang viral dan pendekatan-pendekatan informal,” ujarnya.

Menurut Awan, DON tampil tangguh khas generasi muda. Pengalaman, kemampuan dialog lintas generasi tua muda, lintas profesi, lintas geografi sosial dan politik, menjadi bekal otentik sebagai ketua IKA UA periode 2021-2025.

“Kami mohon doa dan dukungan untuk sebuah perubahan besar,” kata Awan.

Sesuai jadwal, siang ini pukul 14.00 WIB akan digelar Pemilihan Ketua Umum (Pilketum) IKA UA periode 2021-2025 lewat arena Kongres X di Airlangga Convention Center.

Dari delapan calon yang ditetapkan, satu calon menyatakan mundur, yakni Hendy Hendarto, alumnus Fakultas Kedokteran (FK) Unair 1980 yang diusung dua wilayah (Jatneg dan Jatim).

Hendy yang saat ini Koordinator Program Studi (KPS) Ilmu Kedokteran Jenjang Doktor Fakultas Kedokteran serta Ketua IKA UA wilayah Jatim, mundur karena pertimbangan kepedulian dan kesibukannya terkait situasi pandemi Covid-19 saat ini yang memprihatinkan.

“Dan perjuangan teman-tema sejawat dokter dan tenaga medis lain yang perlu mendapat perhatian, serta beberapa pertimbangan yang menyertai kondisi terkini,” ujar Hendy dalam surat bermaterei tertanggal 1 Juni 2021.

Selain Hendy, salah satu unsur pimpinan sidang Kongres X IKA UA, Agoes Widiastono juga menyatakan mundur. Termasuk mundur pula dari Sekretaris II dan Ketua Pokja LPJ PP IKA UA periode 2017-2021.

Sebelumnya, Agoes berkirim surat ke Khofifah dan memintanya mundur, karena melihat situasi yang sudah tidak kondusif lantaran banyak intervensi. Terlebih sejak awal Khofifah sudah ditawari tapi menolak.

“Sejak awal jauh sebelum proses, kita sudah menawarkan ke ibu posisi tersebut. Cuma dua tiga kali dengan berbagai pihak, yang bersangkutan menolak, menolak, menolak!” katanya.

“Tapi last minute baru menerima, itu yang kita enggak habis pikir, kenapa? Tapi terus terang, kita melihat orang-orang yang mendorong ini oportunis, orang-orang yang tidak pernah aktif di Unair maupun IKA Unair. Justru kami kasihan dengan dorongan itu,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait IKA Unair