Kerupuk Kipas Super Jumbo Sampang Bikin Emil Terkesan

UKM KERUPUK SAMPANG: Emil menggoreng kerupuk saat mengunjungi UKM kerupuk di Kabupaten Sampang, Madura, Selasa (15/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
UKM KERUPUK SAMPANG: Emil turut menggoreng kerupuk saat mengunjungi UKM kerupuk di Kabupaten Sampang, Madura, Selasa (15/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SAMPANG, Barometerjatim.com – Emil Elestianto Dardak mengunjungi UKM kerupuk di Kabupaten Sampang, Madura, Selasa (15/5). Cawagub Jatim nomor satu itu sempat terkesan dengan salah satu produk kerupuk mereka: Kerupuk kipas super jumbo.

Selain dibuat menyerupai kipas, ukuran kerupuk tak seperti yang kita jumpai sehari-hari. Jika kerupuk biasa cukup dipegang dengan satu tangan, kerupuk khas Sampang ini memerlukan kedua tangan. Selain itu, soal rasa, hemm..  empuk, gurih dan nikmat.

Dalam dialognya dengan pemilik usaha kerupuk, Emil mendapati mereka masih kesulitan terkait pemasaran. “Agak susah (jual krupuk) soalnya musimam. Kalau musim lebaran biasanya ramai,” kata Nurul, salah seorang pemilih usaha kerupuk.

• Baca: Kunjungi Hong Kong, Emil Paham dan Peduli Buruh Migran

Emil juga terkesan dengan mesin penggiling milik Nurul yang mampu meningkatkan produktivitas usahanya. “Bisa menambah produksi dan membantu masyarakat lain. Maksudnya, produksi bisa digiling di sini, biasanya kan manual,” terang Nurul.

“Ini bisa tahan berapa lama?” tanya Emil. “Bisa setahun Mas,” jawab Nurul. “Sudah ada label halalnya?” tanya Emil lagi. “Alhamdulillah sudah,” tutur Nurul.

Tak sekadar dialog, Emil juga sempat membantu Nurul menggiling ikan dan terlihat sangat menikmati proses tersebut. “Di sini yang dipakai daging asli dan lebih terasa (ikannya). Kalau di Surabaya pakai sarinya (ikan),” kata Emil sambil mencicipi kerupuk produk UKM milik Nurul.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Emil berharap potret usaha yang dilakukan Nurul bisa berkembang dan menular pada usaha-usaha lainnya. “Maju terus usaha kecil di Sampang dan maju terus UKM Jawa Timur,” tuntas Emil.