KEK Singosari Diharapkan Lecut Pertumbuhan Ekonomi

BAHAS KEK SINGOSARI: Gubernur Jatim menerima audiensi Bupati Malang, Rendra Kresna di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Rabu (30/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
BAHAS KEK SINGOSARI: Gubernur Jatim menerima audiensi Bupati Malang, Rendra Kresna di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Rabu (30/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari, Kabupaten Malang, diharapkan mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat sekaligus menjadi trigger dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi kawasan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jatim, Soekarwo saat menerima audiensi Bupati Malang, Rendra Kresna di Ruang Kerja Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Rabu (30/5).

Pakde Karwo — sapaan akrabnya — menjelaskan, pembangunan KEK di Singosari sangat baik terutama dalam mendorong sektor pariwisata. Apalagi, potensi pariwisata di kawasan Malang Raya sangat tinggi.

• Baca: Gubernur Jatim Lantik Fattah Jasin Pj Bupati Pamekasan

Dari sekitar 58 juta kunjungan wisatawan nusantara ke Jatim pada 2017 lalu, sebanyak 24 persennya berkunjung ke Malang Raya.

Soekarwo tak memungkiri, pembangunan KEK di suatu wilayah menyebabkan hilangnya penerimaan pajak seperti PPN dan PPnBM. Namun potensi yang diperoleh dari adanya KEK juga lebih banyak, seperti meningkatnya pendapatan masyarakat, meluasnya lapangan pekerjaan, serta pendapatan pajak dari sektor pariwisata.

“Ini prospek sekali, ibaratnya seperti makanan, dimasak apapun pembelinya banyak. Prinsipnya kami senang dan akan support,” katanya.

• Baca: Kondisi Aman, Investasi Rp 328 Triliun Siap Masuk Jatim

Sebagai tindaklanjut, Pakde Karwo akan mengajak tim ini untuk beraudiensi dengan Menko Perekonomian selaku Ketua Dewan KEK RI, guna membahas lebih lanjut tentang pembangunan KEK Singosari.

“Nanti kami jadwalkan lagi mungkin sekitar minggu depan menunggu jadwal Pak Menko,” katanya.

Sementara Bupati Malang, Rendra Kesna menyatakan kesiapan Pemkab Malang untuk mendukung pembangunan KEK Singosari ini. Pihaknya sudah menyiapkan perizinan Amdal dan menyempurnakan berbagai kajian atau studi kelayakan.

• Baca: Gubernur Harap Da’i-Da’iyah Ikut Kenalkan Ekonomi Syariah

“KEK Singosari ini mendukung tumbuhnya sektor pariwisata, apalagi calon investor sudah banyak yang menunjukkan minatnya,” katanya.

Dia juga menyatakan siap berkoordinasi dengan Menko Perekonomian dan beberapa stakeholder tentang pembangunan KEK Singosari ini.