Kalau Khofifah Maju, Cawagub Ditentukan Tim Gus Sholah

HALAL BI HALAL: Khofifah saat memberi taushiyah pada acara Halal bi Halal 1438 H yang dirangkai dengan Peringatan Harlah ke-71 dan Pengukuhan Laskar Anti Narkoba Muslimat NU di Kota Mojokerto, Sabtu (15/7). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

MOJOKERTO, Barometerjatim.com – Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa terus dispekulasikan bakal maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim 2018. Bahkan di setiap acara, entah hadir sebagai Mensos atau Ketum PP Muslimat NU, Khofifah selalu ditanya wartawan soal keputusannya untuk running.

Pun saat memberi taushiyah pada Halal bi Halal 1438 H yang dirangkai dengan Peringatan Harlah ke-71 dan Pengukuhan Laskar Anti Narkoba Muslimat NU yang digelar PC Muslimat NU Kota Mojokerto, Sabtu (15/7).

Kali ini, awak media bahkan tak hanya bertanya soal keputusan Khofifah maju tapi siapa calon wakil gubernur yang akan mendampinginya, termasuk kemungkinan menggandeng Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa.

• Baca: Elektabilitas Rendah, Demokrat Tak Istimewakan Gus Ipul

“Teman-teman ini lho ya. Saya ini dengan Pak Wali Kota di sini ya sering ketemu. Dengan bupati Jombang, bupati Bojonegoro ya sering ketemu, karena kini ini memang berinteraksi. Kalau masing-masing (wartawan) punya makna, ya maknanya jadi banyak nanti,” katanya sambil tersenyum ramah.

Meski demikian, Khofifah meminta awak media bersabar karena pada akhirnya dia akan menyampaikan jawaban atas beragam spekulasi terkait dirinya di Pilgub Jatim 2018. “Sabar, tunggu,” pintanya.

Sebab, lanjutnya, “Dulu waktu kita pertemuan di Gus Sholah (KH Salahuddin Wahid di Tebuireng, Jombang) kan beberapa kiai rawuh itu. Kalau nanti jadi maju.. Kalau nanti jadi maju lho ya, maka yang akan menentukan siapa Cawagubnya, pendampingnya, itu timnya Gus Sholah. Jadi tanyanya tidak ke saya deh,” elaknya.

• Baca: Survei SSC: Masyarakat Jatim Tolak Calon Tunggal

Apakah Cawagub yang disiapkan tim Gus Sholah sudah dikomunikasikan? “Lho, kalau nanti jadi maju, jangan ditambah-tambahi ya. Kalau nanti jadi maju, maka calon wakilnya itu ditentukan tim yang diketuai Gus Sholah, gitu,” tandas Khofifah.

Namun saat ditanya terkait isu bahwa Presiden Joko Widodo sudah memberinya persetujuan maju di Pilgub Jatim 2018, Khofifah hanya menjawab singkat, “Opo maneh? (Apa lagi?), terima kasih ya teman-teman,” katanya, lagi-lagi sambil tersenyum ramah.