‘Kado’ 44 Juta Suara dari Khofifah-Kiai Asep untuk Jokowi

JOKOWI-MUSLIMAT NU: Presiden Jokowi saat menghadiri acara Muslimat NU di Malang. Warga Muslimat NU vertikal bersama Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
JOKOWI-MUSLIMAT NU: Presiden Jokowi saat menghadiri acara Muslimat NU di Malang. Warga Muslimat NU vertikal bersama Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Belum bekerja ‘habis-habisan’ di Pilpres 2019, tapi Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) sudah memberi ‘kado’ suara sekitar 44 juta untuk pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Menurut Penasihat JKSN, KH Asep Saifuddin Chalim, suara itu bisa dibaca dari dirinya dan Pengarah JKSN yang juga Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa.

Hitung-hitungannya, selain Gubernur Jatim terpilih, Khofifah adalah ketua umum PP Muslimat NU dengan anggota lebih dari 32 juta dan tersebar di seluruh Indonesia.

• Baca: Kiai Asep: Calon yang Didukung NU Struktural Sering Kalah!

“Kalau Bu Khofifah pengikutnya tak kurang dari 32 juta, maka pengikut saya yang setia itu ada 12 juta di Indonesia,” kata Kiai Asep saat acara dukungan JKSN untuk Jokowi-Kiai Ma’ruf di Hotel Namira, Surabaya, Jumat (21/9).

Sama seperti Khofifah. Selain memiliki 10 ribu lebih santri di dua Ponpes Amantul Ummah di Mojokerto dan Surabaya yang diasuhnya, Kiai Asep adalah ketua umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu).

Saat ini, Pergunu memiliki 34 pengurus wilayah dan 470 cabang di Indonesia. “Mereka vertikal sekali, apa kata Ibu Khofifah akan ditaati, apa kata saya akan ditaati. Mereka tawadhu karena saya sendiri yang mendirikan 34 wilayah dan 470 cabang itu dan saya biayai sendiri,” jelasnya.

• Baca: Menangkan Jokowi-Ma’ruf, Khofifah Gerakkan ‘Mesin’ JKSN

Hal sama, menurut Kiai Asep juga dilakukan Khofifah. “Saya kira Ibu Khofifah dalam membangun (Muslimat NU) itu sama, membangun manajemen dengan cara banyak berkorban diri,” katanya.

Saat dipertegas, berapa suara yang akan disumbangkan JKSN untuk Jokowi-Kiai Ma’ruf di Pilpres 2019, ‘panglima perang’ Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim itu dengan tegas menyebut sekitar 60 juta.

“Kami punya massa dan mereka vertikal. Ibu Khofifah punya hampir 40 juta, saya yang tertulis 12 juta. Belum menyampingnya, ya mendekati mendekati 60 juta,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Pilpres 2019, Khofifah, Muslimat NU, JKSN