Kades di Jatim ke Jakarta Minta Khofifah Maju Pilgub

SILATURAHIM KADES JATIM: Mensos Khofifah Indar Parawansa menerima kunjungan puluhan kepala desa asal Jawa Timur di kediamannya, Jakarta. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

JAKARTA, Barometerjatim.com – Gelombang elemen masyarakat Jawa Timur yang meminta kesediaan Khofifah Indar Parawansa agar maju di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 kian deras.

Setelah Forum Komunikasi Kiai Kampu‎ng Jawa Timur (FK3JT) pimpinan KH Fakhrurrozi (Gus Fahrur) beberapa waktu lalu ke Jakarta mengirim surat meminta Presiden Jokowi agar mengizinkan Khofifah maju, kali ini giliran puluhan kepala desa (Kades) di Jawa Timur.

Puluhan Kades tersebut, Jumat (7/4) malam, secara khusus sowan ke kediaman Khofifah di Jakarta agar Menteri Sosial (Mensos) yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut bersedia kembali maju di Pilgub Jatim.

“Kami mendorong dan siap mendukung penuh Bu Khofifah agar maju di Pilgub Jatim,” ujar salah seorang Kades asal Kabupaten Sidoarjo yang minta namanya tak disebut. “Bu Khofifah kemarin (di Pilgub 2008 dan 2013) itu kan sebenarnya menang, cuma dikalahkan.”

• Baca: Peluang Menang Tinggi, Khofifah Paling Ditakuti

Dia menambahkan, pasca dua periode kepemimpinan Soekarwo-Saifullah Yusuf, Jawa Timur butuh sosok yang mau bekerja keras dan lebih dekat dengan wong cilik. “Pokoknya kalau Bu Mensos maju, kita siap memenangkan,” tambah Kades lainnya yang juga minta namanya tak disebut.

Sementara Mensos mengucapkan terima kasih kepada para Kades yang datang dari Jawa Timur untuk bersilaturahim. Hanya saja Khofifah dalam posisi mendengar dan lebih banyak menyampaikan terkait permasalahan sosial dan kemiskinan di berbagai daerah, termasuk di Jawa Timur.

Di ujung silaturahim, para Kades kembali menanyakan kesediaan Khofifah untuk maju di Pilgub Jatim 2018.

Namun secara berseloroh Khofifah mengatakan, “Wis tak dawak-dawakno cik gak takok iku (pemaparan sengaja dibuat panjang biar tidak tanya Pilgub Jatim),” katanya yang disambut tawa lepas para Kades. Pertemuan kemudian dilanjut dengan ramah tamah.