Jelang TMMD Berakhir, Warga Enggan Ditinggal Prajurit TNI

TNI BERSAMA RAKYAT: Layaknya keluarga, prajurit TNI dan warga tampak begitu dekat usai bergotong royong membangun desa. | Foto: Barometerjatim.com/DIDIK HENDRIYONO
TNI BERSAMA RAKYAT: Layaknya keluarga, prajurit TNI dan warga tampak begitu dekat usai bergotong royong membangun desa. | Foto: Barometerjatim.com/DIDIK HENDRIYONO

GRESIK, Barometerjatim.com – Rupanya, warga Desa Ngampel, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, terlanjur nyaman dan aman dengan kehadiran prajurit TNI di desanya.

Sampai-sampai mereka terlihat enggan ditinggal, ketika para prajurit TNI akan mengakhiri kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 0817 Gresik di desa tersebut.

Rasa keberatan warga bisa dimengerti. Maklum, hampir satu bulan mereka berkumpul bersama, bahu-membahu membangun desa. Hubungan emosional antara prajurit TNI dengan warga pun terjalin begitu dekat layaknya saudara.

• Baca: Prajurit TNI Gembleng Mental Warga Gresik Lewat TMMD

Kedekatan dan kekompakan antara prajurit TNI dan warga ini, terlihat begitu jelas di antaranya ketika mereka istirahat usai mengerjakan drainase saluran air serta merehab balai desa, Selasa (7/8).

Di sela istirahat tersebut, Parto (51), seorang petani Desa Ngampel, tampak begitu akrab dengan Serka Julius Sondang, salah seorang anggota Satgas TMMD dari Batalyon Arhanudse 8 Sruni Gedangan.

Keduanya, bersama warga lainnya, tampak akrab mengobrol, bercanda, bahkan ada yang saling memijat. Mereka begitu menyatu, sehingga pemandangan yang terlihat tidak ada lagi batas antara TNI dan warga. Sebaliknya: TNI benar-benar bersama rakyat!

• Baca: Satgas TNI Ramai-ramai Datangi SDN Ngampel Gresik

“Kami merasa mereka bukanlah prajurit TNI, melainkan sudah seperti sahabat karib. Bahkan tak ubahnya seperti saudara, karena selama TMMD berlangsung, para prajurit TNI ini juga tinggal bersama di rumah warga desa. Kami akan merasa kehilangan saat TMMD ini berakhir,” ungkap Parto.

Kedekatan prajurit TNI dengan warga ini membuktikan, kegiatan TMMD bisa diterima masyarakat desa dengan baik, bahkan disambut antusias. Ini sekaligus sesuai dengan tujuan utama TNI manunggal bersama rakyat.

• Baca: TMMD di Gresik, Dandim: Jaga Hubungan Baik dengan Warga

Sementara Dansatgas Penerangan TMMD, Kapten Inf Zainuddin menuturkan, berbagai kegiatan yang dilakukan adalah wujud kedekatan TNI dengan masyarakat, khususnya Desa Ngampel.

“Selain itu membantu Pemda Gresik dalam mempercepat pembangunan, khususnya di daerah pedesaan, sehingga program TMMD tidak hanya membangun kegiatan fisik semata,” tambah pria yang juga Danramil Wringinanom Gresik tersebut.