Kamis, 29 September 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Jelang Piala AFC U-20, Pemkot Surabaya Habis-habisan Lenyapkan Bau Sampah di Stadion GBT

Berita Terkait

DIJAMIN TAK BAU: Sampah di TPA Benowo, dijamin tak timbulkan bau ke Stadion GBT saat Piala AFC U-20. | Foto: IST
DIJAMIN TAK BAU: Sampah di TPA Benowo, dijamin tak timbulkan bau ke Stadion GBT saat Piala AFC U-20. | Foto: IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pemkot Surabaya terus berupaya mengatasi sejumlah persoalan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Utamanya menjelang kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023 yang digelar pada 14-18 September 2022.

Selain persoalan lemahnya sinyal, penanganan juga telah dilakukan Pemkot terhadap bau tidak sedap yang sebelumnya ditimbulkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, pihaknya telah menerapkan sejumlah metode manajemen pengelolaan sampah di TPA Benowo. Ini dilakukan agar tak lagi menimbulkan bau tidak sedap.

“Jadi komitmen Pemkot tidak bau untuk GBT. Untuk di TPA bukan diusahakan lagi, tapi harus hilang baunya terutama pada saat pertandingan AFC U-20,” kata Agus Hebi di kantor Humas Pemkot Surabaya, Jumat (2/8/2022).

Sejumlah metode tersebut, jelas Agus Hebi, mulai dari melakukan penyemprotan efektif mikro organisme EM6 yang bukan zat kimia melainkan organik.

Lalu menerapkan treatment dengan menutup seluruh TPA Benowo menggunakan geomembran. Ini dilakukannya agar TPA tidak terlihat mencolok dan menimbulkan bau.

“Kemudian ada penutupan membran dan sekarang sudah 100 persen. Itu yang sudah kita lakukan,” terang Agus Hebi.

Bangun Kawasan Penyangga

Selain memasang geomembran, sejumlah langkah lain juga terus dilakukan Pemkot untuk menghilangkan bau sampah di sekitaran GBT. Di antaranya membangun buffer zone atau kawasan penyangga TPA Benowo. Bentuk buffer zone ini berkonsep seperti hutan yang mengelilingi TPA Benowo.

“Ini masih kita kerjakan. Kalau buffer zone itu harus sampai 500 meter, ini baru satu shaft. Kalau buffer zone memang terkait tanaman, mungkin akan tampak setelah dua tahun setelah ditanam,” katanya.

Lewat berbagai upaya tersebut, Agus Hebi menyatakan Pemkot Surabaya menjamin penyelenggaraan Piala AFC U-20 di Stadion GBT berlangsung dengan nyaman dan tidak ada lagi bau tidak sedap yang ditimbulkan dari TPA Benowo.

“Sudah ada jaminan itu, dan juga pengelola dari TPA benowo bersurat ke kami bahwa mereka menjamin selama pelaksanaan AFC U-20 berlangsung, juga tidak bau,” jelasnya.

Diketahui, Stadion GBT ditunjuk sebagai tuan rumah pertandingan Grup F kualifikasi Piala AFC U-20 tahun 2023. Grup ini dihuni Timnas Indonesia U-20, Hongkong, Vietnam dan Timor Leste.

» Baca berita terkait Pemkot Surabaya. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -