Jatim Provinsi Dinamis, Australia Buka Konjen di Surabaya

KONJEN AUSTRALIA DI SURABAYA: Gubernur Soekarwo menghadiri pembukaan Konjen Australia di Surabaya, Minggu (5/8). | Foto: IST
KONJEN AUSTRALIA DI SURABAYA: Gubernur Soekarwo menghadiri pembukaan Konjen Australia di Surabaya, Minggu (5/8). | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Australia membuka Konsulat Jenderal (Konjen) di Surabaya, Minggu (5/8). Keberadaan Konjen ini untuk memperluas jejaring diplomatik dengan Indonesia yang selama ini sudah berjalan baik. Selain Jatim, Konjen Australia sudah ada di Bali dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop menuturkan, dibukanya Konjen di Surabaya ini karena Jatim merupakan provinsi yang dinamis dan perekonomiannya terus tumbuh.

“Kami juga tahu kalau Jatim bekerjasama sister province dengan Australia Barat. Kedua provinsi ini sama-sama menjadi power house perekonomian bagi negeri masing-masing,” ujarnya saat membuka Konjen Australia di Gedung Esa Sampoerna Lantai III, Jalan Ir Soekarno No 18 Surabaya.

• Baca: Lantik 3 Pj Bupati, Pakde Karwo Ingatkan soal Penyusunan APBD

Sementara Gubernur Jatim, Soekarwo berharap pembukaan Konjen di Surabaya bisa meningkatkan perdagangan antara Jatim dan Australia. Dengan demikian, nantinya neraca perdagangan Jatim-Australia akan tercapai keseimbangan ekspor-impor.

Pejabat yang akrab disapa Pakde Karwo itu menjelaskan, dalam kurun waktu 2014 hingga Juni 2018, nilai ekspor Jatim ke Australia sebesar 176,92 juta dolar AS dan nilai impor 369,46 juta dolar AS.

Sedangkan untuk investasi Australia di Jatim, sejak 1970 sampai dengan semester I 2017 tercatat sebanyak 66 proyek dengan nilai investasi 894 juta dolar AS.

• Baca: Catat! Sekolah di Jatim Ukir 165 Inovasi Proses Pembelajaran

“Pemprov Jatim menyambut dengan tangan terbuka pengusaha-pengusaha Australia yang ingin kerjasama dan mengembangkan usahanya di Jatim,” ujarnya usai menghadiri pembukaan.

Pakde Karwo juga berjanji, Pemprov Jatim akan memberikan empat kemudahan bagi para investor: Perizinan, penyelesaian masalah perburuhan, ketersediaan energi dan infrastruktur wilayah, serta fasilitasi penyediaan tanah.

• Baca: Tarif Tol Mahal, Soekarwo Minta Khofifah Fokus Jalan Arteri

Selain perdagangan dan investasi, keberadaan Konjen Australia di Surabaya diharapkan dapat menjadi sarana meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia di berbagai bidang, baik politik, sosial, budaya, pendidikan maupun perekonomian.

“Dengan demikian, keberadaan Konjen ini bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dua belah pihak,” tandas Pakde Karwo.