Selasa, 29 November 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Jatim Perlu Benteng Kuat, Gerindra Siapkan Cawagub dari TNI

Berita Terkait

CAWAGUB DARI TNI: Soepriyatno (kiri) dan Tjujuk Sunario, Gerindra siapkan bakal Cawagub dari TNI karena Jatim membutuhkan benteng yang kuat. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gerindra memilih jalan berbeda dari Parpol lain. Untuk menjaring bakal Cagub di Pilgub Jatim 2018, mereka tidak membuka pendaftaran tapi sudah menetapkan empat nama yang kini sedang dikaji di internal partai.

“Saya kira sudah tidak perlu membuka pendaftaran, karena kami sudah menetapkan empat nama bakal Cagub Jatim yang saat ini sedang kami kaji popularitas dan elektabilitasnya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Soepriyatno usai Rakor Pemenangan Pilkada di Surabaya, Minggu (17/9).

Keempat nama yang dimaksud yakni Mensos yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa; Wagub Jatim, Saifullah Yusuf; Ketua Kadin Jatim, La Nyalla Mattalitti serta mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh.

Tak hanya bakal Cagub, Soepriyatno menegaskan Gerindra juga sudah menyiapkan bakal Cawagub dengan latar belakang TNI. Siapa orang yang dimaksud? “Bisa mantan Pangdam, siapalah, yang penting TNI,” katanya.

• Baca: Khofifah Tetap Bidikan Utama Gerindra, M Nuh Pilihan Kedua

Apakah harus dari Jatim? “Ya dari Jatim dong, dia harus mengerti wilayah Jawa Timur. Kalau enggak ngerti percuma. Bisa mantan Pangdam atau Kasdam yang penting mumpuni menguasai Jatim,” tandas Soepriyatno.

Dia juga tidak menampik jika perwira TNI masih aktif atau pensiunan. “Yang mau pensiun bisa, tergantung nanti, pokoknya mantan Pangdam-lah. Wakil gubernur bisa, gubernur bisa, kebijakan ini akan kami rumuskan dulu. Tetapi kami lebih prepare wakil gubernur dari TNI,” ungkapnya.

Keinginan ini disampaikan karena Jatim memerlukan benteng kuat dari berbagai ancaman asing. “Jatim ini daerah besar, penduduknya 45 juta lebih, sehingga menjadi incaran banyak pihak, terutama di bidang ekonomi. Karena itu, perlu sosok tangguh dari militer,” tuntasnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -