Jaring Cagub, Demokrat Jatim Tak Usulkan Nama AHY

PARA KANDIDAT: Inilah lima kandidat yang masuk radar penjaringan DPD Partai Demokrat Jatim dan akan diusulkan ke DPP.

SURABAYA, Barometerjatim.com – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disebut-sebut bakal maju di Pilgub Jatim 2018 — pasca kalah di Pilgub DKI Jakarta 2017 — ternyata tak masuk radar Partai Demokrat Jatim terkait nama bakal calon gubernur (Cagub) yang akan diusulkan ke DPP.

Insyaallah tidak ada (AHY),” tegas Soekarwo, Kamis (2/3). Sebaliknya, Soekarwo menambah satu lagi nama yang akan diusulkan ke DPP, yakni Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. “Hari ini tambah lima, tambah Pak Anas, setelah itu disurvei,” katanya.

Kelima nama bakal calon yang sudah dikantongi Demokrat yakni Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa; Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini;  Ketua DPW PKB yang juga Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar; Wagub Jatim, Saifullah Yusuf; dan Abdullah Azwar Anas.

Namun kelima nama tersebut belum final karena sejumlah nama masih akan diusulkan, termasuk anggota DPR RI dari Partai Nasdem yang mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin.

• Baca: Ditanya soal Pilgub, Khofifah Ajak Wartawan Shalat

“Sudah dibuat (nama bakal calon yang diincar) ada delapan. Ini sudah lima, yang lain silakan kira-kira (sendiri). Nanti tambah lagi, enam, Pak Hasan (Aminuddin),” ucapnya.

“Semua kita usulkan ke pusat (DPP). Semuanya baik. Makanya kami usulkan. Tapi ini kan belum selesai, masih ‘koma’ belum titik (final).”

Soekarwo juga memastikan, survei untuk delapan nama yang diusulkan akan dilakukan pada pertengahan Maret ini.

“Kemarin (survei) mestinya akhir Februari, tapi saya kemarin koordinasi baru pertengahan Maret selesai. Keputusan nanti September oleh majelis tinggi partai,” tandasnya.

5 KANDIDAT INCARAN DEMOKRAT:

  1. Khofifah Indar Parawansa (Mensos/Ketum PP Muslimat NU)
  2. Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya)
  3. Abdul Halim Iskandar (Ketua DPRD Jatim)
  4. Saifullah Yusuf (Wakil Gubernur Jatim)
  5. Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi)