Jajal Mobil Listrik Ezzy II, Jokowi: Ada Masalah di Baterai

MOBIL LISTRIK EZZY II: Presiden Jokowi dan mobil listrik Ezzy II. Masih lemah di batrei. Perlu ditindaklanjuti agar bisa masuk ke ranah industri. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY
MOBIL LISTRIK EZZY II: Presiden Jokowi dan mobil listrik Ezzy II. Masih lemah di batrei. Perlu ditindaklanjuti agar bisa masuk ke ranah industri. | Foto: Barometerjatim.com/ENEF MADURY

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mobil listrik Ezzy II ‘mencuri’ perhatian saat peresmian Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) Seksi IB, II dan III di Gerbang Tol Warugunung Surabaya, Selasa (19/12). Maklum, karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut dikendari Presiden Jokowi untuk meyusuri ruas tol.

Duduk di kursi penumpang depan, Jokowi menjajal mobil berwarna merah menyala itu dari titik lokasi peresmian hingga putar balik pertama sekitar 300 meter dari gerbang tol. Mobil melaju dengan kecepatan 30-40 kilometer per jam.

Jokowi menuturkan, secara umum mobil Ezzy II bagus. Namun dia menyampaikan sedikit ketidaknyamanan saat mobil berubah pola kecepatan dari pelan ke cepat. “Waktu masih pelan ‘dhekdhek’, mau cepat ‘dhekdhek’. Tapi sebagai produk awal, saya kira sudah bagus,” katanya kepada wartawan.

• Baca: Mengular Sepanjang 36,27 Km, Tol Sumo Diresmikan Jokowi

Presiden lantas mengutip penjelasan pihak ITS terkait kelemahan atau kekurangan Ezzy II yang perlu diperbaiki. “Masalahnya di baterai, saya kira masalahnya di situ. Poin yang bisa diambil adalah di baterainya kalau mobil ini mau diindustrikan,” tandasnya.

Setiap hasil riset dan penelitian, tuturnya, harus ditindaklanjuti agar bisa masuk ke ranah industri. “Tapi itu tidak mudah, tidak mudah, terkait uji emisi, uji kelayakannya dan lain-lain,” katanya.

“Tapi yang paling berat biasanya bagaimana desain dan harganya bisa masuk ke pasar, dan bisa berkompetisi dengan produk-produk lain yang sudah lama ada.”

Selain mobil Ezzy II, dalam kesempatan itu dipamerkan pula bus bertenaga surya dan listrik, sepeda motor listrik dan beberapa karya ITS lainnya.

Ezzy II adalah pengembangan dari Ezzy I yang yang dirancang sejak 2013. Ezzy II merupakan mobil listrik dengan daya 20 KWh berjarak tempuh 130 kilometer dengan laju kecepatan maksimum 180 kilometer per jam.