Jaga Kebhinekaan, Khofifah-Emil Datangi Keuskupan Surabaya

BANGUN KOMUNIKASI: Pasangan Khofifah-Emil Dardak menyambangi Keuskupan Surabaya untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat Jatim, Jumat (23/2). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
BANGUN KOMUNIKASI: Pasangan Khofifah-Emil Dardak menyambangi Keuskupan Surabaya untuk membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat Jatim, Jumat (23/2). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat, termasuk antarumat beragama sangatlah penting. Dengan demikian, kebhinekaan di Jatim akan terawat dengan baik.

Hal itu disampaikan Cagub Khofifah Indar Parawansa saat menyambangi Keuskupan Surabaya di Jalan Polisi Istimewa bersama Cawagub pasangannya, Emil Elestianto Dardak, Jumat (23/2).

Kehadiran Khofifah-Emil ditemani Dewan Penasihat Tim Pemenangan, Martono serta Harun Al Rasyid (perwakilan Golkar) dan Visensius Away (Nasdem). Turut serta istri Emil Dardak, Arumi Bachsin.

• Baca: Pengamat: Tren Elektabilitas Khofifah-Emil Kian Melesat

Mereka diterima langsung oleh Uskup MGR Vincentius Sutikno Wisaksono dan Romo Yosep Eko Budi Susilo. Selanjutnya, mereka menggelar pertemuan tertutup selama kurang lebih 30 menit, untuk mendiskusikan 9 program andalan yang tertuang dalam Nawa Bhakti Satya.

“Kami sowan untuk memperkenalkan diri sebagai pasangan Cagub-Cawagub Jatim. Terima kasih Pak Uskup Sutikno Wisaksono dan Romo Eko Budi Susilo yang telah menerima kami dengan baik,” ujarnya.

Khofifah menambahkan, silaturahmi ini menjadi penting, karena saling membangun pertemuan pemikiran sekaligus untuk memperkuat Nawa Bhati Satya. Sehingga proses politik yang dibangunnya bersama Emil beserta Parpol pengusung, bisa menyerap seluruh pikiran-pikiran strategis.

“Seperti tadi yang disampaikan Pak Uskup (MGR Vincentius Sutikno Wisaksono). Beliau berharap ada peningkatan kualitas layanan kesehatan,” ujar mantan Menteri Sosial tersebut.

• Baca: Survei: Popularitas Khofifah Teratas, Gus Ipul Bisa Bablas

Saran Uskup Vicentius akan menjadi penguat pasangan Khofifah-Emil untuk menyisir kebutuhan seluruh lapisan masyarakat kurang mampu.

“Kemudian menyiapkan infrastruktur yang memadai, sesuai dengan kualifikasi persyaratan sebuah rumah sakit yang andal. Di dalam Nawa Bhakti Satya itu ada Bhakti ke-9: Jatim Harmoni,” jelasnya.

Bhakti pamungkas ini menjadi bagian untuk membangun kebersamaan dalam memberikan penghormatan dan perlindungan seluruh lini, seluruh umat beragama, seluruh suku, dan lingkungan. “Apakah (wilayah) Mataraman, Arek, Madura ataukah Tapal Kuda, Osing, Bromo dan seterusnya,” tandasnya.

Doakan Pimpin Jatim

Sementara Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya, Romo Eko Budi Susilo mendoakan Khofifah-Emil agar terpilih memimpin Jatim. Dengan demikian program hebat yang dibuatnya bisa terwujud dan membawa kemaslahatan bagi seluruh masyarakat Jatim.

Sebab, program hebat tak ada gunanya kalau sampai kalah. Karena itu pihaknya akan mendoakan pasangan nomor urut 1 ini memenangi Pilgub Jatim 2018. “Ibu jadi, titik,” tegas Romo Eko yang berada di samping Khofifah.

• Baca: Sapa Pedagang Pasar, Wah.. Puti Tak Dikenal

Senada dengan Romo Eko, Pimpinan Gereja Katolik Keusukupan Surabaya, Uskup MGR Vincentius Sutikno Wisaksono juga berharap Khofifah-Emil mampu membawa perubahan.

“Kita dukung lewat doa. Tadi saya sudah sampaikan mengenai kesehatan. Pokoknya bisa membawa kualitas kesehatan di Jatim, kemudian komunikasi antar umat beragama, itu tadi yang saya sampaikan, saya kira sama,” tandas Vicentius.