Jaga Gus Muwafiq! PWNU Jatim Kerahkan Banser-Pagar Nusa

KAWAL KIAI NU: Banser, jangan biarkan ada pihak yang adang pengajian kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KAWAL KIAI NU: Banser, jangan biarkan ada pihak yang adang pengajian kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) menghormati pihak yang melaporkan Gus Muwafiq ke polisi. Tapi mereka juga mengingatkan, agar respons yang diberikan terkait ceramah kiai gondrong yang dinilai menghina Nabi Muhammad itu tidak sampai menabrak hukum.

“Seperti adanya pengadangan pengajian Gus Muwafiq, atau upaya-upaya pembatalan pengajian yang beliau lakukan,” kata Wakil Ketua Tanfizdiyah PWNU Jatim, KH Abdussalam Sokhib kapada wartawan di Surabaya, Jumat (6/12/2019).

“Jangan sampai terjadi, karena itu juga sebuah pelanggaran hukum. Kami menghormati hak masing-masing warga negara asal sesuai hukum, kami juga meminta semua warga melaksanakan kewajibannya sesuai koridor hukum,” sambungnya.

Maka untuk merespons situasi ini, lanjut kiai muda yang akrab disapa Gus Salam itu, PWNU Jatim menginstruksikan kepada semua kader NU, mulai Banser, Ansor, Pagar Nusa dan lainnya untuk selalu waspada terhadap upaya adu domba yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jika sampai ada pengadangan dakwah atau pengajian yang dilakukan para kiai NU, menurut Gus Salam, menjadi tanggung jawab semua kader NU untuk melawan oknum pelanggar hukum tersebut.

“Kita instruksikan semua kader untuk siaga, membentuk dan mengkoordinasikan pasukan inti untuk korps pengawal kiai, dan lakukan tidakan-tindakan yang diperlukan dengan catatan koordinasi dengan pihak aparat,” katanya.

Kalaupun merasa respons aparat mungkin kurang cepat, kader NU dipersilakan melakukan tindakan yang diperlukan selama dalam koridor hukum, serta meminta restu dan koordinasi dengan kiai struktural maupun kultural NU di tempat masing-masing.

“Sekali lagi yang perlu kami tekankan, kami mengimbau kepada semua kader NU, Pagar Nusa, Banser, Ansor untuk merapatkan barisan dan membuat, mengkoordinirkan korps pengawal kiai,” katanya.

Sesuai Koridor Hukum

PENDEKAR NU: Pagar Nusa diminta PWNU Jatim kawal Gus Muwafiq dan para kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
PENDEKAR NU: Pagar Nusa diminta PWNU Jatim kawal Gus Muwafiq dan para kiai NU. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Apakah sudah ada pengadangan atau pembubaran terhadap pengajian yang dilakukan Gus Muwafiq maupun kiai NU lainnya?

Menurut Gus Salam, ada beberapa laporan terkait sejumlah insiden dalam pengajian yang diisi kiai NU. Selain itu, ada pula respons negatif dari oknum masyarakat terkait pengajian Gus Muwafiq.

“Kita peringatkan, mereka yang tidak setuju dengan kita, silakan anda adalah warga negara, punya hak, dan lakukan sesuai dengan koridor hukum,” katanya.

“Tapi kalau anda ingin menggagalkan pengajan kiai-kiai kita, maka kita juga akan menyiapkan apapun caranya akan kita amankan, supaya dakwah dan pegajian kiai kita bisa terlaksana dengan baik. Apapun caranya akan kita lakukan,” tandas Gus Salam.

» Baca Berita Terkait NU, FPI